Meningkatkan Kesuburan dengan Mengonsumsi Jus Jeruk

Endah Wijayanti20 Jan 2019, 15:15 WIB
minum jus jeruk

Fimela.com, Jakarta Pola makan dan kesuburan memiliki kaitan yang sangat erat sekali. Apa yang kita konsumsi bisa memengaruhi kesuburan kita. Para peneliti pun menyebutkan bahwa pola makan tidak sehat bisa mengganggu kesuburan.

Untuk meningkatkan kesuburan dan peluang cepat hamil, ada sejumlah jenis superfood yang bisa kita konsumsi. Nutrisi tertentu bisa memiliki peran penting dalam sistem reproduksi kita. Dari berbagai jenis superfood yang ada, grapefruit dan jus jeruk segar bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan. Dilansir dari verywellfamily.com, jus grapefruit dan jus jeruk memiliki kandungan polyamine putrescine yang sangat tinggi. Kandungan polyamine putrescine tersebut bisa meningkatkan kesehatan sel telur (ovum) pada perempuan dan kesehatan semen pada pria.

Dalam sebuah penelitian, pada tikus betina dewasa yang diberi air dengan kandungan putrescine yang tinggi sebelum dan sesudah masa subur, risiko cacat kromosom pada sel telur yang dibuahi menurun hingga 50%. Hal ini bisa terjadi karena putrescine yang bisa menjaga kondisi kromosom sel telur dan sel sperma dengan baik.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk pun memiliki peran yang besar. Sebab kekurangan vitamin C bisa berdampak buruk pada keseimbangan hormon perempuan.

Hanya saja perlu digarisbawahi bahwa jus grapefruit bisa berbahaya dikonsumsi bila kita sedang mengonsumsi obat-obatan. Grapefruit sendiri merupakan jeruk besar berkulit oranye dengan daging merah keunguan seperti anggur dengan rasa yang cukup asam. Bila kita sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi grapefruit atau jus grapefruit.

Tentu saja kita juga perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan bervitamin dan bernutrisi lainnya, ya. Selain jus jeruk dan grapefruit, superfood lain yang bisa bantu meningkatkan kesuburan, antara lain buah tomat yang sudah dimasak, biji bunga matahari, daging hati sapi, dan kacang-kacangan. Menjaga pola makan dan pola hidup sehat adalah kunci utama untuk meningkatkan peluang bisa cepat hamil.