Sukses

Parenting

5 Tips Meningkatkan Peluang Hamil di Usia 35an

Fimela.com, Jakarta Selama ini kita mungkin sering mendengar bahwa perempuan akan sulit hamil saat sudah berusia di atas 30 tahun. Meski begitu para ahli menyebutkan hamil di atas 30 tahun itu tidaklah tidak mungkin. Dengan kata lain, hamil dan baru memiliki anak di usia 30an itu masih bisa terjadi.

Perempuan yang berusia 35an bukannya tak bisa hamil, tapi mungkin akan mengalami sedikit kesulitan untuk dapat hamil. Dilansir dari verywellfamily.com, ada penelitian yang membahas soal peluang kehamilan pada perempuan sesuai dengan jenjang usianya. Perempuan usia 19-26 tahun memiliki peluang sekitar 50% untuk bisa hamil di masa suburnya. Perempuan usia 27-34 tahun memiliki peluang sekitar 40% untuk bisa hamil, sementara yang berusia 35-39 tahun memiliki peluang sekitar 30% untuk bisa hamil di masa subur. Selain itu, risiko keguguran bisa lebih tinggi seiring bertambahnya usia.

Untuk meningkatkan peluang hamil di usia 35an, ada sejumlah tips sederhana yang bisa dicoba, antara lain:

1. Hentikan kebiasaan merokok.

2. Kurangi asupan kafein.

3. Menjaga berat badan ideal.

4. Batasi konsumsi makanan berpemanis.

5. Kurangi atau hentikan kebiasaan konsumsi minuman beralkohol.

Menjaga pikiran agar bebas stres juga penting dilakukan untuk meningkatkan peluang bisa cepat hamil. Ketahui juga bahwa usia suami bisa berpengaruh pada peluang kita untuk cepat hamil. Bila usia suami 5 tahun lebih tua dari kita, yaitu sekitar 40an, peluang kita untuk bisa cepat hamil bisa lebih sedikit. Perempuan usia 35 - 39 tahun dengan suami yang usianya sebaya, memiliki peluang 29% bisa cepat hamil. Tapi kalau usia suami lima tahun lebih tua, maka peluang untuk bisa hamil turun menjadi 18%.

Jika setelah menikah dan sudah berusaha hamil selama enam bulan namun belum membuahkan hasil, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter. Selain berusaha menjaga pola makan dan pola hidup sehat, boleh jadi kita juga perlu berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih baik.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading