Usia 10 Bulan, Ini Sekian Hal yang Sudah Bisa Dilakukan Bayi

Febi Anindya Kirana24 Jan 2019, 13:45 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Mencapai usia 10 bulan, bayi sudah hampir bisa melakukan banyak hal. Sejak lahir, panca inderanya sudah mulai berfungsi dan tinggal menunggu waktu hingga semua pabnca indera dilatih dengan baik.

Bukan hanya kemampuan motoriknya dan melatih koordinasi mata-tangan dalam meraih dan memegang benda, si kecil juga sudah bisa mengeksplor berbagai area rumah. Pergerakannya sudah cukup cepat dan mandiri, sejak ia sudah bisa merangkak dan belajar berdiri.

Di usia 10 bulan ini, orangtua bisa melatih anak dalam hal mengenal tekstur, seperti membiarkan anak meremas makanan yang ada di tangannya atau mengajaknya menyentuh air, pasir dan lain sebagainya.

Di usia ini, anak mulai menikmati melihat banyak pemandangan, gambar atau menghabiskan waktu dengan bermain dan memperhatikan benda-benda yang ada di tangannya. Usia 10 bulan, indera penciuman dan perasanya juga semakin berkembang.

Ia sudah bisa memilih mana bau dan rasa yang ia suka dan mana yang tidak. Jangan lelah mengenalkan anak pada banyak makanan dan rasa, seperti dilansir dari Kids Health.org.

Beberapa anak memiliki perkembangan berbeda mengenai kemampuan bicara, beberapa anak sudah mulai bisa menggunamamkan kata-kata atau mengikuti suara. Jika seperti ini, bayi sudah bisa diajarkan kata-kata sederhana seperti "mama", "papa", "dada" dan lain sebagainya.

Nah, itu dia sekian hal yang sudah bisa dilakukan bayi usia 10 bulan. Selalu panatau perkembangannya ya.