Bagaimana Menyiapkan MPASI Pertama Kali pada Bayi?

Febi Anindya Kirana30 Jan 2019, 09:45 WIB
makanan padat

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya memastikan bayi sudah cukup umur dan siap mengenal makanan padat pertamanya, orangtua juga perlu mempersiapkan beberapa hal untuk bayi yang baru mengenal makanan padat, salah satunya adalah makanan apa yang sebaiknya dilakukan dan seperti apa bayi perlu dipersiapkan.

Dilansir dari Kid's Health.org, ini sekian hal yang perlu dipersiapkan ketika mengenalkan MPASI pertama pada bayi:

1. Pilih waktu di mana bayi tidak sedang lelah atau rewel. Pilih waktu-waktu di mana suasana hatinya baik.

2. Pastikan bayi sedang lapar. Waktu-waktu di mana seharusnya ia makan, dalam keadaan perut kosong. Ini adalah saat yang tepat karena ia dalam kondisi terbuka menerima makanan. Namun jangan biarkan ia terlalu lapar atau justru akan rewel.

3. Pilih makanan yang tidak terlalu banyak serat atau mudah dihaluskan dan dijadikan bubur seperti nasi putih, sereal, dan biskuit yang dicampurkan susu atau air hangat.

4. Pastikan memasak semua makanan berserat seperti sayuran (bayam, wortel, labu dll) dan daging ayam hingga matang dan empuk. Setelahnya, haluskan dengan diblender sehingga mudah ditelan dan tidak terlalu kasar.

5. Bersabar. Karena ini adalah makanan padat pertamanya, pastikan bersabar saat menyuapi. Pastikan si kecil nyaman dan terbiasa dulu dengan rasa makanan baru di mulutnya dan ambil porsi secukupnya dan suapkan perlahan.

Urutan mengenalkan makanan padat bukanlah masalah, mau sayuran lebih dulu atau nasi lebih dulu atau buah, pastikan teksturnya cukup halus dan bisa ditelan dengan mudah oleh bayi.