Begini Cara Atasi Mood Swing Saat PMS

Ivana Okta30 Jan 2019, 14:34 WIB
mood swing

Fimela.com, Jakarta Saat menjelang menstruasi, banyak perempuan yang mengalami gejolak emosi yang tak tentu. Sebentar senang, sebentar marah, sebentar sedih. Mood swing ini memang wajar sekali dialami, tapi kadang ini mengganggu aktivitas.

Mood swing yang dialami perempuan menjelang menstruasi ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan senyawa kimia otak yang berhubungan dengan pengaturan suasana hati. Ini juga dikaitkan dengan naik-turunnya kadar hormon estrogen sepanjang siklus menstruasi. Selain itu ada juga faktor eksternal yang mempengaruhi mood swing.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala PMS alias mood swing yang bikin uring-uringan:

  • Yang pertama adalah coba atasi stres dan rileks. Stres bisa membuat mood swing makin parah. Tarik nafas dalam-dalam atau lakukan yoga untuk mengurangi mood swing.
  • Selanjutnya perbanyak minum air putih. Perbanyak asupan cairan seperti air putih atau jus. Hindari minum soda, alkohol maupun kafein saat sedang menstruasi.
  • Isi perut dengan camilan sehat seperti buah-buahan setiap tiga jam sekali. Konsumsi pula makanan yang seimbang dan kurangi garam serta gula.
  • Lakukan olahraga ringan secara teratur dan tidurlah yang cukup.

Hal-hal tadi akan bisa mengendalikan gejolak emosi saat menstruasi. Semoga bermanfaat ya Sahabat Fimela. Nantikan terus berbagai informasi yang berguna hanya di Fimela.com.