10 Cara Mengatasi Mual Pada Ibu Hamil

Ayu Puji Lestari06 Feb 2019, 10:15 WIB
Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan memang saat menyenangkan. Namun, banyak ibu hamil yang mengeluhkan mual saat masa hamil muda. Rasa mual pada ibu hamil disebabkan hormon estrogen yang meningkat. Hormon ini banyak dikeluarkan pada pagi hari ini, hal inilah yang menyebabkan banyak ibu muda yang merasa mual di pagi hari dan muncul istilah morning sicknes.

Selain karena meningkanya hormon estrogen, saat hamil akan terjadi perubahan metabolisme sehingga memengaruhi sistim imun ibu hamil. Sistim metabolisme yang menurun pada ibu hamil inilah yang menyebabkan mual dan ingin muntah. Meskipun mual pada ibu hamil dianggap wajar, namun jika berlebihan dapat berbahaya pagi kesehatan ibu hamil.

Well, lalu apa yang harus dilakukan ibu hamil agar mual berkurang? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini Sahabat Fimela.

  1. Makan sedikit namun sering dapat membantumu mengatasi mual. Makan yang terlalu banyak pada ibu hamil dapat menyebabkan mual dan muntah. Porsi makan yang cukup, akan membantumu terhindar dari mual.
  2. Hindari langsung beranjak dari tempat tidur saat bangun pagi hari. Beri jeda, saat Sahabat Fimela merasa mual segera makan camilan seperti biskuit. Tunggu mual mereda baru melakukan aktivitas.
  3. Hindari makanan yang dapat memicu gas seperti kol, nangka, makanan ferementasi, durian dan sawi hijau.
  4. Jauhi makanan yang dapat menimbulakan mual seperti makanan dengan lemak tinggu, makanan yang berminyak dan makanan pedas.
  5. Perbanyak minum. Saat mual, ibu hamil akan mengeluarkan energi yang banyak. Atasi dengan minum yang banyak untuk menghindari dehidrasi.
  6. Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, mangga, strawberry, apel dan jambu merah.
  7. Perbanyak istirahat. Jangan terlalu memforsir energimu. Jika diperlukan maksimalkan tidur siangmu. Seperti yang dilansir dari thebump.com, manfaat tidur siang pada ibu hamil bisa menurunkan risiko melahirkan bayi lahir dengan berat badan di bawah normal.
  8. Konsumsi vitamin B6 yang banyak ditemukan dalam susu khusu ibu hamil. Mengonsumsi susu selain membantu memenuhi nutrisi juga dapat mengurangi rasa mual.
  9. Saat hamil hindari terlalu stres. Saat stres, kondisi psikis ibu hamil dapat terganggu.
  10. Mengonsumsi jahe hangat, teh mint dan air lemon bermanfaat untuk mengurangi rasa mual.

Mual Tidak Selalu Buruk untuk Ibu Hamil

mengatasi mual
Tips mengatasi mual pada ibu hamil./Copyright shutterstock.com

Memang rasa mual seringkali membuatmu merasa tidak nyaman. Apalagi rasa mualnya berlebihan. Namun tahukah Sahabat Fimela jika rasa mual pada ibu hamil pun memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil. Sebuah studi yang dipublikasi dalam "Journal of Reproductive Toxicology" mengungkap kalau mual menandakan, janin dalam kandungan berkembang dengan baik.

Para peneliti melihat studi yang mengalisis lebih dari 850.000 ibu hamil. Ulasan mereka menyimpulkan ibu hamil yang mengalami mual dan muntah mengalami lebih sedikit keguguran dan melahirkan bayi yang lebih sehat, dan hanya 6,4 persen yang melahirkan secara prematur. Sementara 9,5 persen perempuan yang tidak mengalami morning sickness mengalami kelahiran prematur.

Well, mulai sekarang tidak perlu merasa tidak nyaman saat mengalami mual kan? Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Lanjutkan Membaca ↓