Apa Anak Perlu Divaksin Sebelum Traveling?

Febi Anindya Kirana10 Feb 2019, 11:42 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Anak-anak memiliki kekebalan tubuh lebih rentan dibandingkan orang dewasa dan tentunya memerlukan vaksin untuk melindungi tubuhnya dari berbagai penyakit. Namun perlukah anak mendapatkan vaksin jika akan bepergian ke luar negeri atau traveling? Karena beberapa orang dewasa memerlukannya.

Dilansir dari Kid's Health, baik orangtua maupun anak-anak membutuhkan vaksin tambahan jika berencana bepergian secara internasional. Setiap negara memiliki peraturan dan risiko kesehatan berbeda, oleh karena itu untuk berjaga-jaga akan lebih baik mengetahui dulu situasi negara tersebut kemudian memutuskan apakah perlu mendapat vaksin tertentu atau tidak.

Contohnya, jika bepergian ke Afrika dengan risiko penyakit tertentu, akan lebih baik jika mendapat vaksin penyakit terkait sebelum berangkat. Contohnya, setiap anak usia berapa pun bisa terkena malaria, maka sebelum traveling ke tempat berisiko penyakit ini, lebih baik konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan vaksin atau obat anti-malaria.

Umumnya, imunisasi dilakukan paling tidak satu bulan sebelum keberangkatan, jadi buat jadwal terlebih dahulu dengan dokter 4-6 minggu sebelum bepergian atau traveling.

Jadi, itu yang perlu dilakukan ya Moms. Pastikan mengetahui kondisi kesehatan tempat yang ingin dikunjungi dan putuskan anak membutuhkan vaksin atau tidak.