Posisi Tidur Nyaman Agar Kaki Ibu Hamil Tak Bengkak

Ivana Okta17 Feb 2019, 09:45 WIB
ibu hamil

Fimela.com, Jakarta Saat mengandung, tubuh ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan yang cukup signifikan. Salah satu gejala yang dialami dan bikin ibu hamil terganggu adalah kaki bengkak. Edema atau pembengkakan yang biasa terjadi pada kaki ini umumnya disebabkan karena kaki menopang beban yang lebih berat dari keadaan normal. Selain itu, pembengkakan pada kaki selama kehamilan ini juga bisa disebabkan karena tubuh menahan cairan sebesar 30 persen lebih banyak dari keadaan yang normal.

Kaki bengkak ini tidak terjadi sepanjang kehamilan, kok. Umumnya, ibu hamil akan mulai mengalami edema kaki ketika kehamilannya memasuki usia trimester ketiga. Beban tubuh semakin berat, karena itu kaki menopang dengan sekuat tenaga. Pembengkakan pun tak terelakkan.

Ada posisi tidur yang bisa dicoba ibu hamil agar nyaman saat kaki bengkak. Saat tidur usahakan posisi kaki lebih tinggi dari jantung. Posisi ini akan membantu dalam mengatur sirkulasi darah. gunakan saja ganjalan bantal pada kedua kaki agar posisi kaki lebih tinggi dari jantung.

Ibu juga disarankan untuk mengatur posisi tidur miring ke kiri. Posisi ini akan membantu mengurangi tekanan pada tubuh.

Jika bengkak super mengganggu, ibu bisa menguranginya dengan mengompres kaki dengan kubis. Kubis dapat membantu mengurangi jumlah cairan yang ada di kaki dan menyebabkan kebengkakan. Letakkan daun kubis yang sudah dibersihkan (bukan dicuci) di sekitar area yang mengalami pembengkakan dan diamkan sampai daun kubis terasa lembab, lalu ulangi lagi sampai rasa sakit berkurang.

Semoga tips ini bermanfaat ya Sahabat Fimela.