Bisakah Ibu yang Sedang Flu Menyusui Si Kecil?

Ivana Okta13 Feb 2019, 14:23 WIB
menyusui

Fimela.com, Jakarta Saat sedang flu setiap ibu pasti akan merasa khawatir. Bisakah tetap memberikan asupan ASI yang dibutuhkan si kecil? Bagaimana jika flu yang diderita menular pada bayi?

Sahabat Fimela ternyata masih tetap bisa menyusui si kecil. Saat ibu merasakan akan terserang flu, tapi masih belum merasakan gejalanya, ibu dapat menyusuinya tapi hati-hatilah dengan perpindahan kuman pada si kecil. ASI sendiri ternyata akan menghasilkan antibodi yang akan membantunya melawan penyakit.

Tapi ada pilihan yang paling aman. Sebaiknya ibu memompa saja ASI dan biarkan suami atau orangtuamu yang memberikan ASI untuk si kecil.

 

Flu adalah penyakit yang menular. Karena itu kontak dengan bayi harus dikurangi dan lebih libatkan orang lain dalam mengasuhnya untuk sementara waktu. Jika memang terpaksa melakukan kontak dengan si kecil, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun.

Ibu juga sangat disarankan untuk mengenakan masker wajah. Masker ini akan menghidari perpindahan kuman secara langsung, terutama saat bersin. Jika ibu ingin menyusui langsung, pastikan basuh payudara dengan sabun dan bilas dengan air hangat sebelum memberikan ASI pada si kecil.

ASI harus tetap diberikan pada bayi karena akan membantunya untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Semoga informasi ini memberikan pengetahuan untukmu ya.