Alasan Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Makanan Mentah dan Setengah Matang

Ivana Okta16 Feb 2019, 10:40 WIB
hamil

Fimela.com, Jakarta Saat hamil, ibu harus ekstra hati-hati dalam menentukan asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Saat mengandung, ibu juga membawa nyawa seorang calon bayi. Nah, di masa kehamilan ini ibu sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang mentah atau setengah matang. Apa sih alasannya?

Biasanya telur dan daging enak dinikmati saat setengah matang, nah saat hamil sebaiknya jangan dulu ya Sahabat Fimela. Telur yang masih belum matang berpeluang mendatangkan keracunan makanan yang disebabkan oleh salmonella. Oleh karena itu, pastikan telur yang dimakan telah benar-benar matang hingga putih dan kuning telur benar-benar padat.

Selain telur, daging juga perlu dimasak hingga matang sebelum dikonsumsi oleh ibu hamil. Memasak daging hingga matang berarti tidak akan ada darah atau warna pink di dalam daging. Toxoplasmosis merupakan salah satu jenis infeksi yang disebabkan oleh parasite yang dapat ditemukan di dalam daging mentah, tanah, feces kucing, dan air yang tidak diproses. Daging yang belum matang berpotensi membawa infeksi ini.

Lebih baik mencegah daripada mengobati ya Sahabat Fimela. Karena itu sebaiknya sedari sekarang mengurangi konsumsi makanan yang belum matang demi kesehatanmu dan juga calon bayi dalam kandungan. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya.