Siapkan Payudara Sejak Hamil Agar ASI Lancar

Ivana Okta16 Feb 2019, 16:10 WIB
menyusui

Fimela.com, Jakarta ASI adalah asupan terbaik untuk bayimu. Semua nutrisi dan juga kandungan untuk kekebalan tubuh si kecil ada pada ASI. Nah, untuk mempersiapkan ini, ada baiknya mulai melakukan perawatan payudara sejak masih hamil.

Merawat payudara sejak masa kehamilan bisa dilakukan agar ASI lebih lancar keluar. Cara merawat payudara adalah dengan membersihkan puting dengan kapas yang sudah dicelup air hangat sehari dua kali. Lebih baik lagi pada saat sedang mandi.

Ibu tidak perlu membersihkannya dengan sabun ataupun baby oil karena areola atau area gelap di sekitar puting akan secara otomatis menjaga kelembaban areola dari kalenjar di dalamnya. Selain membersihkan ada satu cara lagi untuk merawat payudara sebelum melahirkan. Cara ini adalah dengan melakukan pijatan.

Ibu bisa juga melakukan pemijatan pada payudara anda untuk memperlancar keluarnya ASI. Nah pijatnya jangan dilakukan sembarang ya. Pijat lembut payudara anda dari bagian tepi payudara ke area puting secara teratur. Lakukan setiap hari selama masa kehamilan untuk memperlancar ASI keluar nanti saat bayi sudah keluar.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Sahabat Fimela.