Tak Perlu Panik, Begini Cara Mengatasi Demam pada Bayi

Mimi Rohmitriasih19 Feb 2019, 13:36 WIB
Bayi Demam

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti merasa cemas, khawatir dan panik ketika mendapati buah hatinya demam atau suhu tubuhnya meningkat. Melansir dari laman parents.com, semua bayi pasti pernah mengalami demam. Kondisi ini adalah kondisi yang umum terjadi pada bayi seiring dengan tumbuh kembangnya.

Saat bayi mengalami demam, jangan terlalu panik apalagi cemas Sahabat Fimela. Pastikan untuk melakukan tindakan tepat dengan perasaan tenang agar demam pada bayi tidak semakin parah. Sebelum dibawa ke dokter, lakukan tindakan untuk menurunkan demam pada bayi ini di rumah. Ada beberapa cara untuk mengatasi demam pada bayi. Berikut caranya.

  1. Usap atau mandikan bayi dengan air hangat. Mengusap tubuh bayi dengan air hangat akan membuat tubuh bayi terasa lebih rileks dan segar.
  2. Pakaikan baju yang nyaman pada bayi. Usahakan agar pakaian tersebut tidak membuatnya tambah panas atau gerah pun tidak membuat tubuhnya kedinginan.
  3. Berikan si kecil asupan ASI atau susu formula yang cukup. Sahabat Fimela bisa juga memberi bayi air putih untuk memastikan tubuhnya terhidrasi dengan baik.
  4. Gendong atau peluk hangat bayi agar merasa nyaman dan tenang. Saat bayi sudah merasa nyaman dan tenang, suhu badannya bisa turun secara berkala.
  5. Jika tubuh bayi masih demam setelah lewat satu hari, segera bawa bayi periksa ke dokter anak dan mintalah resep obat darinya.
  6. Pastikan untuk tidak memberikan obat pada bayi tanpa resep atau saran dokter karena ini bisa berbahaya buat kesehatannya ke depannya.

Itulah cara mengatasi demam pada bayi Sahabat Fimela. Semoga informasi ini bermanfaat. Pastikan untuk tidak terlalu panik dan cemas karena ini hanya akan membuatmu kesulitan menurunkan demam bayi.