Sukses

Parenting

Makin Lama Mom Menyusui Makin Sulit Anak Disapih, Benarkah?

Fimela.com, Jakarta Menyusui menjadi momen yang sangat mengesankan buat para perempuan. Setelah mengandung dan melahirkan, setiap perempuan pasti bertemu dengan momen ini.

Banyak hal seru dari momen menyusui. Mulai dari momen bahagia ketika mendapati buah hati menyusu secara rutin dan kesehatannya mengesankan hingga momen sedih ketika ada banyak orang yang mengkritik cara menyusui kita ke anak. Juga ketika ada banyak mitos tentang menyusui yang membuat para Mom cemas dan khawatir.

Mengenai momen menyusui, idealnya anak disusui hingga berusia 2 tahun. Tapi karena banyak alasan, ada beberapa Mom yang menyusui anaknya kurang dari setahun atau sebaliknya yakni menyusui anak hingga usianya lebih dari dua tahun.

Selama ini ada anggapan yang menyebutkan bahwa semakin lama anak disusui maka akan semakin sulit ia disapih. Benarkah tentang anggapan ini? Melansir dari laman parents.com, lama menyusui Mom tidak akan berpengaruh pada proses menyapih anak. Selama buah hati sudah siap menerima makanan lain selain ASI (Air Susu Ibu), ia bisa disapih kapan saja.

Secara umum, bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan sudah bisa disapih. Namun karena perkembangan dan kesiapan setiap bayi berbeda-beda, kesiapan mereka untuk disapih pun juga berbeda. Saat menyapih buah hati, pastikan agar memilih waktu yang benar-benar tepat. Jangan menyapih anak terlalu cepat dan jangan pula menyapihnya dalam waktu yang terlalu lama.

Anggapan tentang makin lama Mom menyusui membuat anak makin sulit disapih ini adalah mitos belaka. Yuk, jadi Mom yang lebih cerdas, berwawasan dan pastinya tahu betul bagaimana tumbuh kembang terbaik anak dengan tetap meminta saran dari para ahlinya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading