Bersikap Tenang dan Berpikir Positif, Cara Mendidik Anak Agar Lebih Disiplin

Mimi Rohmitriasih27 Feb 2019, 15:31 WIB
Ibu dan Anak

Fimela.com, Jakarta Merawat, mengasuh dan mendidik anak adalah tugas yang bisa dibilang cukup sulit buat setiap orangtua. Para ahli mengungkapkan jika usia balita adalah usia di mana anak akan melakukan segala hal sesuka hatinya. Usia balita juga menjadi usia di mana anak sedang aktif-aktifnya, besar rasa ingin tahunya dan masa di mana ia mempelajari banyak hal di sekitarnya.

Usia balita juga menjadi usia di mana anak susah-susahnya untuk disiplin. Lantas, bagaimana menerapkan kedisplinan pada anak tanpa menyakiti fisik maupun psikisnya? Bagaimana mendidik anak untuk lebih disiplin, penurut dan tidak gegabah dalam melakukan apapun itu?

Melansir dari laman WebMD, untuk melatih kedisiplinan pada anak yang penting dilakukan adalah konsiten dalam melatih dan mendidik kedisiplinan, kenali pemicu anak marah atau tantrum dan carilah solusi terbaik agar anak tidak tantrum, ikuti pola pikir anak namun tetap tegas jika anak melakukan kesalahan, semarah apapun Mom pada anak usahakan untuk menghindari memberikan hukuman fisik pada anak dan pastikan bersabar pada anak.

Para ahli juga menyarankan agar orangtua bersikap tenang dan berpikir positif saat melatih dan mendidik kedisplinan pada anak. Ketika anak tidak mau disiplin, memberinya hukuman dan memarahinya hanya akan membuatnya semakin bandel hingga melakukan tantrum. Well Mom, saat mendidik anak untuk lebih disiplin, usahakan agar tetap tenang, sabar dan berpikir positif.