Mengonsumi Pil KB Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Mimi Rohmitriasih09 Mar 2019, 14:15 WIB
Pil KB

Fimela.com, Jakarta KB atau Keluarga Berencana merupakan program untuk menekan angka kelahiran atau mencegah kehamilan. Untuk menunjang program KB, pasangan suami istri disarankan memakai alat kontrasepsi sebelum berhubungan intim. Salah satu alat kontrasepsi yang paling umum digunakan sendiri ada kondom dan mengonsumsi pil KB.

Namun nih ya, saat mengonsumsi pil KB banyak perempuan percaya jika itu membuatnya semakin gemuk. Banyak perempuan yang menganggap jika mengonsumsi pil KB akan mengubah bentuk tubuhnya, mempengaruhi kesehatannya dan mengganggu produksi ASInya.

Melansir dari laman webMD, sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan jika pil KB bisa mempengaruhi berat badan perempuan. Tapi jika Sahabat Fimela khawatir akan mengalami berat badan setelah mengonsumsi pil KB, sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter. Dokter tahu alat kontrasepsi apa yang terbaik untukmu.

Pil KB dan kandungan di dalamnya

Mengenai pil KB sendiri, umumnya ini terdiri dari dua macam. Pil KB dengan kandungan estrogen dan progestin dan pil KB engan kandungan progestin atau sintesis hormon progesteron saja.

Kedua kandungan di atas biasanya akan membuat perempuan mengalami peningkatan nafsu makan. Saat nafsu makan meningkat, tentunya asupan makanan juga akan meningkat. Inilah yang kemudian membuat berat badan naik. Bukan semata-mata karena pil KB tetapi lebih karena konsumsi makanan yang meningkat.

Beberapa perempuan mungkin juga akan mengalami retensi cairan saat mengonsumsi pil KB. Disarankan untuk memilih pil KB dengan dosis rendah dan mengandung progesteron tertentu yang mengandung anti mineral. Ini bisa mencegah penumpukan air dan garam dalam tubuh yang membuat tubuh terasa lebih berat serta gemuk.

Untuk mencegah kegemukan selama mengonsumsi pil KB, Sahabat Fimela harus memperhatikan pola makan dan pola tidur. Imbangi dengan olahraga dan istirahat cukup agar berat badan senantiasa ideal.

Lanjutkan Membaca ↓