Memaksimalkan Perkembangan Bayi 5 Bulan, Bisa Dimulai dengan 4 Tips Dasar Ini

Endah Wijayanti09 Mar 2019, 11:31 WIB
Pijat Bayi

Fimela.com, Jakarta Setiap bulannya, bayi bisa menunjukkan perkembangan yang pesat. Saat sudah menginjak usia 5 bulan, si kecil mungkin sudah mulai bisa berguling dengan otot kepala dan tangan yang sudah lebih stabil. Dia juga mungkin sudah bisa ikut "ngobrol" ketika melihat orang di sekitarnya berbicara.

Untuk memaksimalkan atau mengoptimalkan tumbuh kembang bayi di usia 5 bulan, ada beberapa tips dan hal sederhana yang bisa kita lakukan. Dikutip dari mother.ly, ada empat hal mudah yang bisa kita lakukan untuk membantu mengoptimalkan perkembangannya di usia 5 bulan. Selengkapnya, langsung simak keterangannya di sini, yuk.

1. Bantu membedakan suara

Pada usia lima bulan, bayi bisa memahami suara yang berbeda-beda. Tapi ia masih belum bisa paham kata-kata. Di sini, kita bisa membantunya membedakan suara. Atau mencontohkan suara yang berbeda-beda, misal seperti apa suara burung, bebek, dan sebagainya. Si kecil pasti akan sangat bersemangat bisa mendengar bermacam-macam suara.

2. Ajak berkumpul atau bertemu banyak orang

Jalan-jalan ke taman atau menjadwalkan ikut play date bisa jadi cara seru untuk membuat si kecil lebih bersemangat. Di usia lima bulan, bayi akan sangat senang bila diajak untuk melihat banyak hal baru, mendengar berbagai macam suara, dan berinteraksi dengan banyak orang. Tentu saja perlu disesuaikan juga dengan kenyamanan si kecil, ya.

3. Tirukan suara-suara yang dikeluarkan si kecil

Adakalanya kita perlu juga menirukan suara-suara yang dikeluarkan si kecil. Besar kemungkinan di usia lima bulan ia sudah bisa mengucapkan satu dua huruf vokal dan konsonan. Untuk memberitahunya bahwa kita mendengarkannya, coba tirukan suara-suaranya. Buat ia tersenyum dan tertawa.

4. Beri tempat nyaman dan aman untuk berguling

Bayi mungkin akan lebih banyak berguling. Sediakan tempat khusus bermain yang aman dan nyaman untuk berguling. Beri ia ruang untuk bisa melatih otot-otot tubuhnya. Pastikan juga untuk selalu mengawasinya dan mencegah terjadinya cedera padanya.

Tips-tips di atas adalah tips dasar yang bisa dicoba. Tentu saja mungkin masih perlu dimodifikasi dan disesuaikan dengan kondisi bayi. Semoga info di atas bisa jadi referensi awal untuk memaksimalkan tumbuh kembang bayi di usia 5 bulan, ya.