Makanan Seperti Apa yang Perlu Dibatasi Konsumsinya saat Hamil?

Endah Wijayanti17 Mar 2019, 07:30 WIB
Ibu hamil makan sayur

Fimela.com, Jakarta Menjaga pola makan sehat perlu dilakukan selama kehamilan. Untuk memastikan kesehatan kita dan bayi dalam kandungan selalu terjaga dengan baik, kita tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Ada jenis makanan tertentu yang sebaiknya dibatasi konsumsi selama kehamilan.

Seperti yang dilansir dari pregnancybirthbaby.org.au, makanan yang kandungan gula, lemak, dan garamnya tinggi sebaiknya dihindari selama kehamilan. Gula yang tinggi kalori bila dikonsumsi berlebih bisa menyebabkan kegemukan, obesitas, dan gigi berlubang. Lemak yang dikonsumsi berlebihan selama kehamilan pun bisa menyebabkan kegemukan. Belum lagi bila lemak yang dikonsumsi adalah lemak jenuh karena bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Begitu juga dengan makanan yang kandungan garamnya tinggi juga perlu dibatasi konsumsinya.

Makanan yang seimbang dan baik dikonsumsi ibu hamil sebaiknya yang mencakup lima kelompok makanan ini:

1. Sayur mayur dan kacang-kacangan.

2. Roti dan sereal.

3. Susu, yogurt, dan keju.

4. Daging, ikan, daging unggas, dan alternatif lainnya.

5. Buah-buahan.

Makanan yang kaya protein bisa membantu bayi tumbuh dan berkembang dengan baik. Daging sapi, ikan, daging ayam, susu, keju, dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang bagus. Selain itu cukupi juga kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya delapan gelas per hari.

Idealnya memang kita perlu memasak sendiri makanan yang kita konsumsi untuk memastikan kebersihannya dan kualitas gizi dan nutrisinya. Bila punya masalah kesehatan atau komplikasi selama kehamilan, pastikan untuk rutin cek dan konsultasi ke bidan atau dokter agar kehamilan bisa terjadi dengan baik.