Menurunkan Berat Badan yang Aman Usai Melahirkan, Simak 4 Tipsnya!

Endah Wijayanti11 Mar 2019, 16:05 WIB
Olahraga

Fimela.com, Jakarta Setelah melahirkan, sebagian perempuan ada yang ingin segera menurunkan berat badan atau mendapatkan kembali berat badan idealnya. Bisa dimulai dengan melakukan olahraga ringan beberapa minggu setelah melahirkan atau sesuai arahan dokter bila dalam proses bersalin ada komplikasi. Tapi tak perlu terlalu terburu-buru atau sampai memaksakan diri sampai stres untuk bisa langsung kurus setelah melahirkan, ya.

Pastikan dalam proses penurunan berat badan, semuanya dilakukan dengan cara yang aman. Menurunkan berat badan tak semata-mata untuk kebutuhan ingin cepat langsing, tapi juga bisa bantu meningkatkan kebugaran tubuh untuk jangka waktu lama. Dilansir dari pregnancybirthbaby.org.au ada sejumlah tips sederhana yang bisa dicoba untuk menurunkan berat badan yang aman usai melahirkan. Selengkapnya mari kita simak di sini.

1. Perbanyak konsumsi makanan segar

Buah-buahan segar dan sayuran segar penting dikonsumsi secara rutin. Makanan yang mengandung protein juga baik dikonsumsi. Menurunkan berat badan usai melahirkan tidak semata-mata harus membuat kita lapar sepanjang hari. Tapi mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi dengan baik tanpa berlebihan.

2. Makan dengan mengunyah makanan perlahan

Di tengah kesibukan merawat si kecil, kita jangan sampai kelupaan makan. Kunyah makanan perlahan. Duduk dengan tenang dan habiskan makanan tanpa harus buru-buru. Kalau muncul keinginan untuk ngemil, pilih makanan ringan yang sehat dan bukan yang serba instan atau tinggi kandungan gula dan garamnya.

3. Rutin berikan ASI untuk si kecil

Menurunkan berat badan secara berkala (misal, turun 500 gram dalam satu minggu) masih tergolong aman. Kalau berat badan turun terlalu drastis, ini malah kurang baik untuk kesehatan kita dan juga buah hati. Tetap rutin berikan ASI untuk si kecil, karena bisa jadi "bonusnya" berat badan kita akan kembali ideal secara berkala. Meski mungkin selama masa menyusui kita akan jadi cepat merasa lapar, tetap usahakan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi dengan baik, ya.

4. Perbanyak gerak

Mungkin masih akan sulit untuk langsung ikut kelas olahraga atau gym setelah punya anak karena kesibukan merawat anak yang tak ada habisnya. Tapi bisa disiasati dengan memperbanyak gerak atau aktivitas fisik. Memperbanyak kegiatan jalan-jalan dengan si kecil atau sekadar memaksimalkan aktivitas fisik selama melakukan pekerjaan rumah tangga juga bisa membantu kita menjaga tubuh tetap fit atau bugar.

Perhatikan juga kondisi tubuh kita usai melahirkan. Kalau saat melahirkan kita mengalami komplikasi, maka jangan terlalu memaksakan diri untuk langsung diet atau menurunkan berat badan. Konsultasikan dulu ke dokter untuk bisa mendapatkan arahan dan penanganan yang tepat.

Idealnya proses menurunkan berat badan harus bertahap. Tidak bisa langsung turun beberapa kilogram secara drastis dalam waktu singkat. Tetap utamakan kesehatan tubuh, ya.