5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Ibu Pasca Melahirkan Normal

Endah Wijayanti17 Mar 2019, 13:46 WIB
pasca melahirkan

Fimela.com, Jakarta Setelah melahirkan secara normal, ibu akan fokus menjalani proses pemulihan. Dalam proses pemulihan ini ada sejumlah hal yang akan terjadi pada tubuh ibu. Usai berjuang keras melahirkan buah hati tercinta ke dunia, ibu masih perlu berjuang untuk kembali pulih.

Ada beberapa hal yang umumnya akan terjadi pada tubuh ibu pasca melahirkan normal. Penting untuk mengetahui hal ini agar bisa lebih mudah mengantisipasi dan mengatasinya saat mengalaminya langsung. Dilansir dari boldsky.com, setidaknya ada lima hal yang akan terjadi pasca melahirkan normal. Berikutnya langsung simak infonya di sini, ya.

1. Perdarahan yang mungkin disertai gumpalan

Perdarahan dari vagina akan dialami setelah melahirkan secara normal. Warna darah awalnya bisa merah pekat, lalu kecoklatan, kemudian agak merah mudah. Kadang juga akan disertai gumpalan. Penting untuk memonitor perubahan warna ini. Bila perdarahan disertai dengan demam, patut waspadai gejala infeksi.

2. Pembengkakan pada vagina

Dalam proses melahirkan terjadi peningkatan aliran darah pada area vagina. Bahkan mungkin terjadi robek dan harus dijahit. Pembengkakan pada vagina ini umumnya terjadi dan akan pulih sekitar 7-10 hari. Kalau merasa sulit untuk duduk dengan nyaman bisa gunakan bantuan bantal lembut untuk membuat kita merasa lebih nyaman.

3. Kram pada perut

Setelah melahirkan mungkin masih akan terjadi kontraksi untuk membantu rahim kembali seperti semula. Selain itu seiring dengan perdarahan yang terjadi, perut mungkin akan merasa kram atau nyeri. Coba kompres perut dengan hot water pack atau handuk hangat untuk meredakan nyeri dan rasa sakitnya.

4. Susah buang air besar

Konstipasi atau sembelit juga bisa terjadi akibat dari obat-obatan yang dikonsumsi setelah melahirkan. Buang air besar pun bisa terasa susah. Selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh dan jaga pola makan sehat kaya serat agar sistem pencernaan bisa tetap lancar.

5. Susah buang air kecil

Otot dan saraf di area vagina dan kandung kemih bisa terdampak akibat proses melahirkan secara normal. Hal ini kemudian bisa menyulitkan kita buang air kecil. Saat buang air kecil pun mungkin akan terasa perih. Bahkan ketika batuk atau tertawa, air seni bisa ikut keluar.

Setelah melahirkan, berat badan juga akan sedikit turun. Proses pemulihan setelah melahirkan harus dijalani dengan sabar, ya. Fokuskan untuk kembali memulihkan stamina dan kesehatan agar bisa kembali beraktivitas dengan normal serta dapat merawat buah hati tercinta dengan lebih optimal.