Morning Sickness saat Hamil, Tanda Bayi Cerdas Menurut Penelitian!

Febi Anindya Kirana18 Mar 2019, 12:37 WIB
Mual saat hamil

Fimela.com, Jakarta Mengalami mual dan muntah pagi hari atau sepanjang hari selama hamil akan membuat perempuan hamil lelah dan lemas. Dalam beberapa kasus, morning sickness bisa mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga bumil harus bedrest.

Namun jangan menganggap morning sickness sebagai hal yang terjadi secara sia-sia dan hanya membuatmu menderita, karena ternyata mual-mual yang menyiksa punya manfaat kesehatan pada bayi dalam kandungan.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Reproductive Toxicology, morning sickness yang dialami ibu hamil bukan hanya membuat bumil memiliki risiko kecil melahirkan bayi prematur, namun juga menjadi tanda bayi sehat dan cerdas saat lahir.

Peneliti asal Kanada menemukan bahwa ibu hamil yang tidak mengalami morning sickness memiliki risiko mengalami kelahiran prematur tiga hingga sepuluh kali lipat dibanding ibu yang morning sickness. Anak-anak yang dilahirkan dari ibu yang mengalami morning sickness juga memiliki nilai lebih tinggi dalam tes IQ saat usianya 3-7 tahun.

Karena ketika bayi dilahirkan pada waktunya, maka tentu saja perkembangannya sudah matang, termasuk perkembangan otak dan tingkat kecerdasannya. Dengan berat badan yang pas untuk dilahirkan, tentu saka kesehatan bayi juga lebih baik.

Jadi, jangan merasa kesal berlebihan jika sedang mengalami morning sickness, ingat bahwa ini ternyata baik untuk kesehatan bayi dan kesehatan bumil sendiri.