3 Cara Kendalikan Berat Badan ketika Nafsu Makan Naik selama Hamil

Febi Anindya Kirana18 Mar 2019, 16:15 WIB
Ibu hamil makan sayur

Fimela.com, Jakarta Berat badan akan cenderung naik selama hamil dan ini adalah hal yang biasa terjadi. Hampir semua perempuan hamil akan mengalaminya. Namun kenaikan berat badan ini juga perlu diawasi perkembangannya dan diketahui seberapa besar batasan kenaikan berat badan yang baik. Karena menjaga berat badan juga jadi faktor penting melahirkan dengan sehat atau tidak.

1. Kenali rasa laparmu

Seringkali ibu hamil akan lapar dalam waktu singkat, atau tidak begitu lama dari jeda makan terakhir. Cukup wajar karena bayi dalam kandungan menyerap banyak kebutuhan sari makanan dan energi untuk dirinya sendiri. Namun kenali rasa laparmu. Jika terlalu sering makan makanan manis, atau ngidam makanan-makanan tak sehat, berusahalah untuk mengalihkan keingina tersebut dengan melakukan aktivitas lain. Seringkali rasa lapar muncul jika ibu tidak banyak kegaitan dan malas-malasan di rumah.

2. Ganti gula dengan sayur dan buah

Jika kebetulan tidak begitu rewel soal nafsu makan dan bisa makan apa saja, ini adalah kesempatan baik memenuhi nutrisi setiap hari dengan sayur dan buah. Jika lebih sering ngidam makanan manis, manfaatkan buah-buahan sebagai menu makanan setip hari. Jangan terlalu banyak makan gula agar tidak menimbun kalori yang akan jadi lemak.

3. Olahraga

Menjaga keseharian dengan tetap aktif bergerak bukan hanya membantu menjaga kekuatan otot tubuh namun juga menjaga berat badan saat hamil. Lakukan jalan kali, yoga, pilates bersepeda statis di rumah, dan bahkan olahraga ringan macam membersihkan rumah akan membuat energi terbakar dan lemak tidak ditimbun terlalu banyak.

Itu dia sekian cara menjaga berat badan sehat selama hamil. Jangan sampai berat badan yang naik banyak justru menjadi penyebab timbulnya masalah kesehatan selama hamil.