Berapa Banyak Jus Buah yang Aman Diminum Anak?

Febi Anindya Kirana24 Mar 2019, 12:15 WIB
jus buah

Fimela.com, Jakarta Buah-buahan segar memang sehat untuk anak, dan akan lebih baik juika dikonsumsi begitu saja tanpa perlu dijus. Namun jika anak lebih suka jus buah, orangtua juga harus tahu berapa banyak porsi yang bisa dikonsumsi anak agar tidak berlebihan.

Menurut penelitian yang dilakukan Dr. Brandon Auerbach dari University of Washington, peneliti tidak menemukan efek kenaikan berat badan jika jus buah asli diminum satu porsi (1 gelas) per hari.

Dikutip dari WebMD, setelah menganalisis hasil dari delapan penelitian yang sudah diterbitkan dalam berbagai jurnal kesehatan dan melibatkan lebih dari 34 ribu anak-anak, ditarik kesimpulan bahwa anak-anak di bawah usia 6 tahun yang minum satu porsi jus buah per hari memang mengalami kenaikan berat badan tapi tidak secara signifikan bisa disebut kelebihan berat badan.

Kenaikan berat badannya hanya sedikit dan ini tidak lebih dari setengah kilogram per tahunnya. Oleh karena itu, jus buah dinilai aman diminum dan tidak menimbulkan efek kelebihan berat badan.

Bahkan peneliti mengungkapkan bahwa jus jeruk asli, yang memiliki indeks gula darah rendah, justru bisa membantu menurunkan berat badan dan membantu menjaga gula darah normal. Jadi secara alami, jus buah yang dikonsumsi secukupnya ini juga tidak akan menaikkan risiko diabetes pada anak.