7 Makanan Tinggi Serat yang akan Disukai Anak-Anak

Febi Anindya Kirana20 Mar 2019, 14:48 WIB
makanan

Fimela.com, Jakarta Berbagai makanan berserat tinggi dibutuhkan anak-anak untuk menjaga kesehatan pencernaannya, sekaligus menjaga kadar gula darahnya tidak naik. Namun tidak semua anak-anak menyukai makanan berserat karena kesulitan mengunyah atau membuatnya tersedak karena terlalu berserat.

Namun ada beberapa makanan tinggi serat yang umumnya akan disukai anak-anak tapi tidak terlalu sulit dicerna, seperti sekian makanan berikut ini.

1. Pisang: buah tinggi serat ini sangat mudah disukai anak-anak, bahkan yang tidak begitu suka buah. Karena rasanya manis, lembut dan mudah dimakan.

2. Oatmeal: Oatmeal yang dicampur dengan susu bisa jadi comfort food bagi anak-anak karena lembut di mulut dan seperti bubur, padahal tinggi serat.

3. Apel: Apel bisa jadi camilan harian, bukan hanya tinggi serat tapi juga penuh nutrisi.

4. Roti: Roti akan sangat disukai anak-anak karena camilan yang sederhana, coba ganti dengan roti gandum untuk meningkatkan asupan serat.

5. Pir: Buah pir tinggi serat tapi juga manis, inilah kelebihan yang pasti akan disukai anak-anak. Belum lagi kandungan airnya yang banyak membuat buah ini segar.

6. Kacang: Kacang-kacangan sangat mudah dimakan anak-anak dan juga gurih. Kacang-kacangan bisa jadi camilan sekaligus asupan serat yang sangat baik.

7. Jagung: Jagung rebus mudah dimakan anak-anak bahkan bayi usia bulanan. Selain mengenyangkan juga tinggi serat.

Untuk anak yang sulit makan, mungkin agak sulit membujuknya makan. Pastikan saja memilihkan makanan sehta yang kemungkinan besar disukainya, termasuk makanan berserat di atas.