Mengapa Anak Butuh Zat Besi dan Seberapa Banyak?

Febi Anindya Kirana20 Mar 2019, 16:37 WIB
zat besi

Fimela.com, Jakarta Ada banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak, salah satunya adalah zat besi. Bahkan sejak masih di dalam kandungan, anak menyerap banyak zat besi dari ibu untuk berbagai keperluan, terutama untuk memproduksi sel-sel darah merah dan hemoglobin.

Asupan zat besi dibutuhkan setiap hari dan mineral ini bisa didapat dari makanan sehari-hari. Namun apa pentingnya zat besi? Masih sama, fungsi utamanya adalah untuk memproduksi sel-sel darah merah dan hemoglobin.

Hemoglobin bertugas mengangkut oksigen dan berbagai nutrisi di dalam darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Jika hemoglobin tidak kuat karena kurang zat besi, maka nutrisi penting itu tak akan sampai dengan baik ke seluruh tubuh.

Kekurangan zat besi dapat menimbulkan banyak gangguan kesehatan, termasuk menurunnya kemampuan berpikir, gangguan perilaku, terhambatnya skill motorik dan lemahnya otot tubuh.

Banyaknya zat besi yang dibutuhkan anak tergantung dari usianya.

  • anak usia 1-3 tahun: 7 miligram per hari
  • anak usia 4-8 tahun: 10 miligram per hari

Jangan terlalu banyak, karena bisa menimbulkan efek racun di dalam tubuh. Anak-anak di bawah usia 14 tahun tidak boleh mengonsumsi zat besi lebih dari 40 miligram per hari. Jadi, pasatikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan-makanan tinggi zat besi ya Moms.