10 Makanan Berbahaya untuk Ibu Hamil, Hindari Sekarang!

Febi Anindya Kirana20 Mar 2019, 18:23 WIB
hamil

Fimela.com, Jakarta Mengetahui diri sendiri sedang hamil, maka perlindungan terhadap diri sendiri harus meningkat, karena ada sosok yang sedang tumbuh dan hidup di dalam tubuh. Perlindungan bisa datang dari kesadaran menghindari makanan berbahaya untuk ibu hamil.

Sudah banyak penelitian dan ahli kesehtaan menyebutkan makanan apa saja yang bahaya untuk ibu hamil dan sudah banyak diketahui. namun ibu hamil hanya perlu diingatkan saja daftarnya.

1. Makanan tinggi merkuri : hindari ikan laut besar yang kemungkinan mengandung merkuri seperti tuna (meskipun tinggi omega-3) dan barakuda.

2. Makanan mentah: apapun makanan yang mentah atau tidak dimasak dengan benar dan matang sempurna, seperti daging setengah matang, telur setengah matang, susu pasterisasi, STMJ, jus, sushi dan lain sebagainya, karena risikonya yang besar mengandung bakteri patogen.

3. Bahan makanan segar yang tidak dicuci: Buah dan sayur lebih baik dicuci sangat bersih, dan sebisa mungkin dikupas kulitnya untuk menghindari kontaminasi bakteri atau virus dan cacing.

4. Makanan dengan lemak trans: Kurangi mentega, margarin dan makanan berminyak lain seperti gorengan, keripik dan kerupuk yang kemungkinan ebsar memiliki lemak trans.

5. Makanan dan minuman manis: Kurangi makan permen, es krim, sirup, roti tawar, kue dan berbagai makanan dengan kandungan gula tinggi. Sesekali saja tak apa, tapi jangan konsumsi setiap hari.

6. Kafein: Makanan dan minuman kemungkinan mengandung kafein seperti kopi, teh, tiramisu, dan lainnya, sebaiknya dihindari karena membuat detak jantung cepat dan susah tidur.

7. Makanan tinggi garam: Hindari juga makanan sangat asin, seperti keripik, gulai dan berbgaai camilan asin karena bisa meningkatkan tekanan darah dan mengentalkan darah.

8. Makanan instan: Jangan banyak makan mie instan, sosis, kornet, nugget, bakso insatan dan segala makanan kemasan dan kalengan.

9. Minuman energi: Jangan minum-minuman berenergi yang baisa diminum saat olahraga. Seringkali minuman ini mengandung kafein, tinggi gula, dan ditambah hormon.

10. Alkohol: Tentu minuman ini harus dihindari selama hamil, bahkan sebelum hamil dan sesudahnya saat menyusui.

Itu dia sekian daftar makanan berbahaya untuk ibu hamil yang harus dihindari.