Berapa Banyak Serat yang Dibutuhkan Anak Setiap Harinya?

Febi Anindya Kirana21 Mar 2019, 13:12 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Pencernaan anak yang sehat sangat didukung dengan asupan serat makanan yang cukup. Setiap hari, sebisa mungkin, menu makanan anak memiliki makanan berserat agar tetap sehat. Namun berapa tepatnya serat yang dibutuhkan anak setiap harinya?

Untuk mengetahui seberapa banyak serat yang dibutuhkan anak balita, ikuti rumusnya berikut ini: Usia anak + 5 = jumlah serat per gram yang dibutuhkan anak setiap hari, seperti dilansir dari What to Expect. Jadi jika usia anak 2 tahun, berarti ia membutuhkan 7 gr serat makanan per harinya. Begitu seterusnya menghitung serat yang dibutuhkan anak. Semakin besar anak, maka semakin banyak pula serat yang dibutuhkannya.

Ketika mendorong anak untuk lebih sehat dengan memberikan pilihan makanan berserat, jangan lupa mengajak anak membiasakan diri minum lebih banyak air putih. Karena makan banyak serat juga butuh air agar serat bisa dicerna dengan baik dan berhasil dikeluarkan dari sistem pencernaan.

Jika anak kurang minum air putih saat banyak makan makanan berserat, bisa menyebabkan anak konstipasi atau sulit buang air besar. Nah, kini sudah tahu kan berapa banyak serat yang harus dikonsumsi anak, Moms?