Ajarkan Anak Membantu Sesama, Cara Sederhana Membuatnya Bahagia

Febi Anindya Kirana25 Mar 2019, 09:22 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya otak yang pintar dan bisa menguasai segala bidang akademik yang penting dimiliki anak. Sikap atau karakter yang baik terhadap orang lain juga memegang kunci penting apakah anak bisa membaur dengan baik di dalam masyarakat nantinya.

Rasa empati dan mau menolong atau membantu orang lain menjadi karakter yang perlu dimiliki anak. Penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam The Journal of Social Psychology menemukan bahwa mereka yang melakukan kebaikan pada orang lain dan melakukan hal-hal baru yang tak pernah ia lakukan sebelumnya ternyata memiliki tingkat kebahagiaan lebih tinggi dibanding orang yang tak pernah melakukan keduanya.

Tentu saja hal ini bisa jadi pedoman bagi orangtua untuk menyadari pentingnya memiliki hati mau berbagi dan membantu sesama. Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang peduli, tidak mementingkan diri sendiri dan lebih dihargai. Penelitian juga menemukan bahwa berbagi adalah cara sederhana mendapatkan kebahagiaan dari dalam diri.

Cara terbaik mengajarkan anak untuk peduli adalah dengan memberi contoh langsung dalam kehdiupan sehari-hari, seperti misalnya mau terlibat dalam kegiatan amal, berbagai makanan dengan anak panti asuhan dan lain sebagainya.

Anak yang memiliki empati dan mau membantu sesama juga akan mengembangkan karakter menghargai orang lain saat ia dewasa sehingga ia punya sikap toleransi dan berpikiran terbuka.

Jadi, jika ingin anak tumbuh menjadi pribadi yang peduli dan bahagia, ajarkan membantu sesama ya Moms.