5 Manfaat Utama Buah Bit untuk Kehamilan

Febi Anindya Kirana23 Mar 2019, 18:09 WIB
buah bit

Fimela.com, Jakarta Ibu hamil membutuhkan banyak sekali nutrisi untuk kehamilan yang kuat dan perkembangan bayi yang sehat. Dari banyaknya makanan sehat, mungkin akar bit menjadi salah satu sumber nutrisi yang bisa dipertimbangkan untuk dikonsumsi selama hamil.

Ini karena akar dengan dominasi warna ungu ini memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan perkembangan sehat janin di dalam kandungan.

1. Menurunkan risiko cacat lahir

Bit ternyata memiliki kandungan asam folat yang tinggi, sehingga bisa mencegah risiko cacat lahir pada bayi pada otak dan sumsum tulang belakang bayi. Makan potongan bit atau dijadikan jus mampu menurunkan risiko kelahiran bayi dengan spina bifida.

2. Tingkatkan imunitas tubuh

Bit memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh ibu dan risikonya terserang penyakit dan infeksi.

3. Mencegah osteoporosis

Bit mengandung zat besi, fosfor dan silika, yaitu mineral yang membantu penyerapan kalsium pada tubuh. Ibu hamil butuh kalsium bukan hanya untuk mempertahankan kekuatan dan kepadatan tulangnya sendiri tapi juga untuk membentuk tulang bayi.

4. Melancarkan metabolisme

Kalium dalam buah bit mampu menjaga kelancaran metabolisme tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolit selama hamil. Bit juga mengandung banyak serat sehingga baik untuk pencernaan.

5. Mencegah anemia

Buah bit mengandung zat besi tinggi sehingga sangat baik mencegah anemia pada ibu hamil, maupun membantu bayi membentuk sel-sel darah merah dalam tubuhnya.

Itu sekian manfaat paling utama mengonsumsi buah bit, atau lebih tepatnya, akar bit. Bit bisa dimakan dalam keadaan mentah atau dimasak, sama-sama sehatnya. Jadi, jangan ragu mengonsumsi bit saat hamil ya Moms.