Sampai Usia Berapa Sih Bayi Sebaiknya Tidur Bersama Orangtua?

Ivana Okta25 Mar 2019, 19:02 WIB
bayi

Fimela.com, Jakarta Saat masih baru lahir memang bayi membutuhkan perhatian orangtuanya. Bayi masih tak bisa apa-apa dan mengandalkan orangtuanya. Untuk mempermudah hal ini memang sebaiknya bayi tidur dengan orangtuanya. Disarankan agar agar bayi setidaknya berada satu ranjang bersama orangtuanya

Lalu sampai usia berapa sebaiknya bayi berada satu ranjang bersama orangtuanya atau setidaknya satu kamar dengan orangtua? Ternyata para ahli menyarankan hingga bayi berusia 1 tahun.

Ini karena saat bayi dekat dengan orangtua, ia akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang lebih percaya diri. Bayi ini juga akan merasa bahwa dirinya sangat aman dan terlindungi karena ada orangtua yang berada di sisinya. Perkembangan psikis dan fisik bayi pun akan lebih baik.

Dekapan dan sentuhan orangtua di dekat bayi nyatanya memang memiliki pengaruh yang sangat luar biasa. Dekapan dan kasih sayang yang tulus dari orangtua dipercaya mampu membuat setiap anak merasa berharga.

Selain itu tidur berdekatan dengan bayi sampai usianya 1 tahun mempermudah ibu memberikan asupan ASI. Ini semakin menjamin bayi akan tumbuh lebih baik, lebih sehat dan lebih mengesankan.