Benarkah Stres bisa Menyebabkan Mandul?

Febi Anindya Kirana28 Mar 2019, 12:20 WIB
wanita

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya masalah fisik saja yang membuatmu sulit hamil, kesehatan mental juga berpegaruh besar terhadap tingkat kesuburan reproduksi dan kemampuanmu untuk hamil. Salah satu masalah kesehatan mental yang sering dialami banyak orang adalah stres. Tapi benarkah stres seserius itu hingga bisa menyebabkan mandul?

Sebuah penelitian yang dilakukan di UK, positif tentang hal ini. Penelitian yang melibatkan 250 perempuan itu menemukan bahwa tingkat hormon stes mampu menunjukkan tingkat kesuburan dan kemungkinan seorang perempuan untuk hamil.

Peneliti mengambil sampel air liu setiap perempuan dan menguji tingkat hormon alpha-amilase dan kortisol, dua hormon yang berhubungan dengan stres, dan menemukan bahwa perempuan dengan konsentrasi alpha-amilase lebih tinggi ternyata butuh waktu lebih lama untuk hamil, dibanding perempuan dengan kadar hormon alpha-amilase yang lebih rendah.

Penelitian lain yang dilakukan Michigan dan Texas juga menemukan bahwa perempuan dengan hormon Salah satu alpha-amilase lebih tinggi, mengalami penurunan kesuburan hingga 29 persen dibanding mereka yang kadarnya lebih rendah.

Bagaimana dengan hormon kortisol? Untungnya, kadar kortisol tidak begitu memiliki pengaruh terhadap kesuburan. Jadi, untuk sahabat Fimela yang ingin bisa cepat hamil, pastikan tidak memiliki kadar hormon stres yang tinggi ya.