5 Jenis Stres yang Membuatmu Sulit Hamil!

Febi Anindya Kirana28 Mar 2019, 14:27 WIB
hamil

Fimela.com, Jakarta Orang mungkin berpikir bahwa semua stres sama saja, terjadi karena berbagai situasi tekanan hidup. Namun ternyata stres juga memiliki jenis yang berbeda-beda, dan kesemua hal ini bisa menyebabkan sahabat Fimela sulit hamil.

1. Stres masa kecil

Stres masa kecil terjadi di masa kanak-kanak. Ada istilah ACE score, yaitu stres yang menunjuk pada kejadian masa kecil traumatis yang terjadi selama masa pertumbuhan atau pubertas. Dan stres ini memberi pengaruh jangka panjang bahkan membentuk karakter diri.

2. Stres jangka panjang dari kehidupan sehari-hari

Stres dalam kehidupan sehari-hari seperti misalnya tersinggung dengan candaan teman saat PMS atau smartphone hilang saat belum genap seminggu. Stres-stres jangka pendek ini masih sederhana namun juga perlu dihindari.

3. Stres jangka panjang

Stres jangka panjang umumnya menyangkut masalah masa kini yang berlanjut beban pikiran hingga ke masa depan, seperti misalnya memikirkan uang pendidikan, pensiun, cicilan rumah, dan lainnya, yang menimbulkan beban.

4. Stres kejadian besar dalam hidup

Ada beberapa kejadian besar dalam hidup yang menimbulkan rasa sedih mendalam seperti kematian keluarga, pasangan, kecelakaan, perceraian, dan lain sebagainya yang mampu mengguncang kejiwaan.

5. Stres gaya hidup

Beberapa orang suka mengikuti gaya hidup tertentu, dan hal ini menimbulkan stres. Gaji yang tak cukup untuk jalan-jalan seperti orang lain, tekanan tampil prima di depan banyak orang, kerja jam panjang yang tak masuk akal, memikirkan opini orang, gengsi dan lain sebagainya.

Akumulasi dari semua stres tersbeut bisa menurunkan kesuburan dan potensi hamil, teurtama jika tubuh memiliki hormon alfa-amilase. Jadi, jika tak ingin kesuburan terancam, sebisa mungkin melepaskan segala jenis stres yang ada di atas ya.