Jadi Dewasa Bahagia, Alasan Pentingnya Skill Atasi Stres pada Anak!

Febi Anindya Kirana28 Mar 2019, 19:01 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Seperti orang dewasa, anak-anak juga mengalami stres menghadapi banyak hal dalam hidupnya. Bedanya, anak-anak memiliki kecenderungan lebih dalam menyimpan stres dan sulit menghadapinya. Oleh karena itu, penting sekali mengajarkan beberapa keterampilan pada anak untuk menghadapi dan mengatasi stres.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Addictive Behaviors menemukan bahwa remaja yang dulunya sering menghidar mengatasi stres cenderung menggunakan ganja, atau mengalami kecanduan dan ketergantungan obat-obatan terlarang. Mereka yang tak mampu melakukan problem-solving dalam hidup juga cenderung mengalami hal ini.

Di sisi lain, penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health menemukan bahwa anak-anak yang pada usia dini sudah dibiasakan dan diajarkan keertampilan sosial-emosional, memiliki masa dewasa yang lebih baik dan bahagia.

Para peneliti menemukan baha anak-anak yang mampu mengatur emosinya sejak usia lima tahun kemungkinan besar menjalani masa dewasanya dengan baik dengan menlanjutkan ke perguruan tinggi bahkan mendapatkan pekerjaan tetap sebagai dewasa yang mandiri.

Bukan hanya itu, saat dewasa mereka juga kemungkinan kecil terlibat kegiatan kriminal, jauh dari penyalahgunaan zat-zat terlarang dan yang paling penting, memiliki kesehatan mental lebih stabil.

Kadi, jangan abaikan skill coping stres atau keterampilan mengatasi stres pada anak ya, karena ini ternyata juga bisa menentukan masa depan anak nantinya.