Kapan Bayi boleh Makan Keju? Catat Usianya!

Febi Anindya Kirana03 Apr 2019, 12:33 WIB
keju

Fimela.com, Jakarta Bayi butuh waktu untuk mengenal setiap makanan sejak ia bisa makan makanan padat pertamanya. Ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya jangan dulu diberikan kepada bayi di usia tertentu karena berbagai alasan, salah satunya adalah memberikan keju.

Keju adalah makanan yang umumnya disukai anak-anak, namun konsumsinya untuk bayi harus mendapat perhatian khusus. Kebanyakan dokter anak menyarankan memberikan bayi keju di usia antara 8 hingga 10 bulan dengan catatan ia tidak berasal dari keluarga yang memiliki riwayat alergi susu dan keju, seperti dilansir dari Very Well Family.

Sedangkan untuk bayi yang memiliki orangtua atau saudara alergi makanan, sebaiknya menunggu lebih lama untuk bisa mengenalkan keju padanya. Dikhawatirkan jika ternyata si kecil memiliki alergi keju, ia akan mengalami gejala masalah kesehatan yang tidak diinginkan.Kalaupun ingin mengenalkan keju, berikut ini tips-nya.

  • Sebaiknya tidak langsung memberikan keju utuh secara langsung.
  • Kenalkan perlahan dengan mencampurkan keju dengan makanan lainnya, seperti buah-buahan dan sayuran atau dimasak dengan telur orak-arik.
  • Berikan dalam porsi kecil saja, sedikit sebagai percobaan. Apakah ia menyukainya atau tidak.
  • Jangan memberikan setiap hari. Beri jeda hari untuk memberikan keju lagi.

Itu dia usia yang tepat mengenalkan bayi pada keju. Yuk lebih paham pemilihan makanan untuk bayi, Moms.