5 Cara Mengurangi Resiko Keguguran

Febi Anindya Kirana30 Mar 2019, 17:07 WIB
keguguran

Fimela.com, Jakarta Keguguran memang menjadi satu hal yang tak akan pernah diharapkan ibu hamil yang sudah mendamba jabang bayi segera lahir. Untuk menjaga kandungan tetap sehat dan mengurangi risiko keguguran, ibu hamil memang harus ekstra dalam memperhatikan kondisi tubuh dan kesehatannya secara keseluruhan.

Meski terkadang keguguran banyak terjadi karena abnormal genetik, namun ada banyak cara mengurangi risiko keguguran yang bisa dilakukan setiap perempuan hamil.

1. Konsultasikan dengan dokter kandungan

Sebelum hamil, keguguran pun bisa dapat dicegah, yaitu dengan mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Memeriksakan diri ke dokter sebelum hamil sangat disarankan untuk mengetahui seberapa besar risiko keguguran dari riwayat penyakit, tingkat kesuburan, sampel darah dan lainnya.

2. Menjaga pola makan sehat

Terbiasa makan buah-bauahn dan sayuran serta makanan sehat lain memberikan peluang besar keberhasilan kehamilan hingga masa persalinan, dalam artian, memperkecil risiko keguguran. Penelitian juga menemukan bahwa perempuan dengan gaya hidup sehat lebih jarang alami keguguran.

3. Olahraga secukupnya

Beberapa perempuan dengan intensitas olaharaga berlebihan justru tak baik untuk kehamilannya nanti. Kurangi olahraga berat untuk menurunkan risiko keguguran, bahkan jika hari-hari biasa memang sudah terbiasa olahraga berat.

4. Stop kafein

Hindari dulu minum kopi sebelum dan selama hamil karena efek akfein ternyata mampu meningkatkan risiko keguguran. Kalaupun ngidam minum kopi, tidak boleh lebih dari secangkir sehari dan jangan minum lagi dalam beberapa minggu ke depan.

5. Jangan merokok dan minum minuman beralkohol

Ini adalah syarat pasti jika ingin menurunkan risiko keguguran. Bahkan akan lebih baik jika sudah berhenti mengonsumsi dua hal ini jauh sebelum berencana hamil untuk membersihkan tubuh dari racun yang membahayakan kehamilan.

Penting sekali bisa menurunkan risiko keguguran agar kehamilan lebih nyaman dan tenang ya Moms.