Bayi yang Sering Pakai Gadget Berisiko Terlambat Bicara

Ivana Okta04 Apr 2019, 12:00 WIB
Anak kecanduan gadget

Fimela.com, Jakarta Adanya gawai memang mempermudah komunikasi manusia. Gadget pun jika dimanfaatkan dengan baik bisa bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi.

Orangtua wajib sekali mengawasi penggunaan gadget bagi anak. Ini karena gadget bisa menyebabkan hal yang negatif. Salah satunya adalah gadget terbukti berpengaruh terhadap kemampuan bicara anak.

Anak usia di bawah lima tahun yang diberikan gadget akan berkurang interaksi sosialnya. Ini pun pada akhirnya akan mempengaruhi proses bicaranya.

Selain itu, penggunaan gadget juga berpengaruh terhadap perkembangan otak si kecil. Setiap waktu yang dipakai untuk bermain gadget akan mengurangi waktu tidur anak. Padahal tidur sangatlah penting untuk tumbuh kembang otak si kecil.

Proses bicara anak yang terhambat akan berpengaruh terhadap kehidupannya. Anak yang terlambat bicara akan cenderung menggunakan gerakan tubuh atau suara yang sangat lantang untuk mengekspresikan apa yang mereka inginkan. Anak-anak akan kurang kemampuan dalam mengontrol emosinya.

Karena itulah orangtua sangat wajib mengontrol pemakaian gadget untuk si kecil. Jangan biarkan anak asyik sendiri dengan gadget. Batasi waktu penggunaan dan pastikan orangtua menemani si kecil saat menggunakannya.