Kapan Waktu Terbaik Memandikan Bayi?

Ivana Okta04 Apr 2019, 14:45 WIB
memandikan bayi

Fimela.com, Jakarta Banyak ibu baru takut memandikan bayi untuk pertama kali karena berbagai hal, takut terlalu kasar, salah posisi memandikan dan lain sebagainya. Nah, bayi yang baru lahir sebenarnya tak perlu sering dimandikan. Ini karena kulit bayi sangat sensitif. Selain itu juga bayi tak terlalu berkeringat seperti orang dewasa.

Lalu, kapan sih waktu paling pas untuk memandikan bayi? Apakah di pagi hari atau sore hari?

Waktu terbaik untuk memandikan bayi adalah pagi hari. Ini karena setelah mandi, bayi bisa langsung dijemur sehingga suhu tubuhnya bisa jadi kembali hangat. Memandikan bayi di sore hari pun sebenarnya tak masalah. Asalkan ibu harus memastikan bayi tak kedinginan sebelum dan sesudah dimandikan.

Mandi menghilangkan kelembapan kulit. Bayi sebenarnya tak perlu sering-sering mandi. Bayi yang abru lahir sampai yang belum bisa merangkak tidak perlu terlalu sering dimandikan setiap hari. Sampai usia setahun, bayi bisa dimandikan tiga atau empat kali salam seminggu. Tapi ibu harus menyesuaikan dengan kondisi si kecil ya. Asalkan tubuhnya tak terlalu kotor, ibu boleh tidak setiap hari memandikannya.