5 Aktivitas Terbaik Untuk Menikmati Quality Time Bersama Anak

Mimi Rohmitriasih16 Apr 2019, 14:37 WIB
Ibu dan anak

Fimela.com, Jakarta Kunci keluarga bahagia adalah orangtua dan anak bisa melakukan quality time bersama. Meski hal ini hanya diisi dengan aktivitas-aktivitas sederhana, ini akan membekas di ingatan anak dengan sangat baik. Quality time yang baik bersama keluarga juga akan membuat anak tumbuh serta berkembang menjadi anak yang lebih bahagia, percaya diri, mengesankan dan pastinya cerdas.

Melansir dari laman parents.com, anak-anak yang dekat dengan orangtuanya, mendapatkan kasih sayang penuh dan mendapatkan perhatian ekstra, ini akan mendukungnya jadi pribadi yang sangat bahagia. Penelitian juga menyebutkan jika anak-anak yang tumbuh dan berkembang di dalam keluarga bahagia, keluarga yang sangat peduli dengannya dan memiliki jalinan erat akan lebih merasa nyaman serta aman.

Untuk menikmati quality time bersama anak sebenarnya tak harus dengan liburan ke luar negeri atau sejenisnya. Ada banyak aktivitas sederhana namun terbaik untuk mengisi quality time orangtua dengan anak. Aktivitas tersebut antara lain sebagai berikut.

Makan, Jalan dan Membaca Buku Bersama

Anak dan Ibu
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Alvaro Reyes

Makan Bersama

Makan bersama baik itu sarapan, makan siang atau makan malam akan menjadi aktivitas yang sangat mengesankan. Ini juga akan menjadi kebiasaan yang baik buat anak di mana ia bisa memiliki kebiasaan makan di waktu tepat. Di meja makan, orangtua dan anak bisa saling bercerita satu sama lain, saling bercanda dan menikmati kebersamaan yang ada secara sempurna.

Jalan-jalan Bersama

Menikmati qualty time juga bisa dilakukan dengan jalan-jalan bersama. Jalan-jalan bersama bisa dilakukan di taman, di mall atau di tempat wisata. Meski sangat sederhana, aktivitas ini bisa menghilangkan penat di otak dan lebih mendekatkan orangtua dengan anak.

Membaca Buku Bersama

Sejak anak berusia dini, biasakan untuknya membaca buku. Agar anak tidak bosan, usahakan memberikan buku dengan banyak gambar, banyak warna dan banyak permainan di dalamnya. Sekedar membaca buku bersama anak membantu orangtua dan anak semakin dekat satu sama lain. Ini juga akan membuat anak merasa mendapatkan kasih sayang penuh dari orangtua.

Bermain dan Olahraga Bersama

Ibu dan Anak
Ilustrasi/copyright pixabay.com

Bermain Bersama

Orangtua sangat disarankan untuk mau menemani anak bermain. Dengan menemani anak bermain, ini akan membuat anak merasa disayang, diperhatikan dan dicintai. Orangtua yang mau menemani anak bermain juga membuat keduanya semakin dekat serta akrab satu sama lain. Ada banyak permainan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama anak.

Olahraga Bersama

Olahraga juga bisa menjadi aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi qualty time bersama keluarga terutama anak. Selain meningkatkan keakraban satu sama lain, ini juga akan membantu anak dapatkan tubuh lebih sehat. Menariknya lagi, anak akan menyadari betapa pentingnya olahraga buat kesehatannya juga keluarganya.

Itulah beberapa aktivitas terbaik untuk membantu orangtua menikmati quality time dengan baik bersama anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓