7 Finger Food Terbaik Buat Bayi yang Lezat dan Sehat

Mimi Rohmitriasih25 Apr 2019, 11:20 WIB
Finger Food

Fimela.com, Jakarta Saat bayi memasuki usia 6 bulan, ia sudah siap untuk mendapat asupan nutrisi lain selain ASI (Air Susu Ibu). Ada beragam makanan lezat dan sehat yang bisa diberikan pada bayi. Seiring dengan bertambahnya usia bayi, ia pun akan mulai mencoba makan dari kedua tangannya sendiri.

Adapun tanda bayi sudah bisa diberikan makanan dan makan dengan kedua tangannya sendiri, saat ia disuapi ia akan mencoba meraih makanan yang diberikan padanya. Melansir dari laman babycenter.com, ia juga menunjukkan tanda bahwa ia mulai memasukkan benda yang ia pegang ke dalam mulutnya. Jika mendapati tanda ini di bayimu, siapkan finger food untuknya ya Mom. Berikut beberapa finger food terbaik yang lezat dan sehat untuk buah hati.

Buah Pisang Hingga Telur

Anak susah makan
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Pisang

Finger food pertama yang lezat dan sehat adalah pisang. Pisang memiliki rasa yang sesuai dengan lidah bayi, teksturnya lembut dan nutrisinya mengesankan. Usahakan untuk memberikan pisang sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) juga sebagai finger food buah hati.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang telah direbus hingga matang dan empuk juga bisa menjadi finger food terbaik buat bayi. Agar rasa sayuran tidak tawar, tambahkan sedikit garam saat merebus atau mengukusnya.

Telur

Finger food selanjutnya yang terbaik buat bayi adalah telur. Namun ingat, pastikan bahwa bayi tidak memiliki alergi terhadap telur. Telur bisa dimasak dengan cara direbus, didadar atau dimasak orak-arik.

Alpukat Hingga Daging Ayam

Finger Food untuk Si Kecil
Finger Food untuk Si Kecil

Alpukat

Buah alpukat juga bisa menjadi finger food terbaik buat bayi. Tekstur buah alpukatm yang lembut serta rasanya yang ramah membuat bayi sangat menyukainya. Alpukat juga kaya akan nutrisi yang baik buat tumbuh kembang bayi.

Roti Panggang

Roti panggang juga bisa menjadi finger food terbaik buat bayi. Potong roti sebesar ibu jari kemudian panggang bersama mentega atau margarin dan berikan ke buah hati. Selain lezat, menu ini sangat sehat.

Keju

Finger food terbaik buat bayi selanjutnya adalah keju. Pilih keju dengan tekstur empuk misalnya keju lembaran yang dipotong kecil-kecil. Keju juga bisa diberikan dengan cara diparut.

Daging Ayam

Daging bisa menjadi finger food terbaik buat bayi. Rebus daging ayam bagian dada kemudian suwir-suwir halus. Daging ayam mengandung nutrisi yang baik buat tumbuh kembang bayi.

Itulah beberapa makanan terbaik yang bisa dijadikan finger food untuk bayi. Semoga informasi ini bermanfaat ya Mom.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓