Mulai Usia Berapa Sebaiknya Anak Mulai Belajar Berpuasa?

Mimi Rohmitriasih27 Apr 2019, 08:34 WIB
Anak Puasa

Fimela.com, Jakarta Tak terasa bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Bagi Sahabat Fimela yang menjalankannya, selamat menyambut Ramadan. Mengenai ibadah puasa, tidak hanya orang dewasa yang akan berpuasa karena memang telah diwajibkan atasnya berpuasa. Beberapa keluarga juga akan mengajarkan anak-anaknya untuk berpuasa di bulan Ramadan mulai dari puasa setengah hari sampai sehari penuh.

Mengenai puasa untuk anak-anak, kira-kira sebaiknya mulai usia berapa anak diajarkan berpuasa Sahabat Fimela? Mungkinkah puasa yang dilakukan di usia belia akan memengaruhi tumbuh kembang anak?

Sebelum mengajarkan anak berpuasa, pastikan dulu bahwa anak memiliki kesehatan baik. Pastikan juga jika anak memiliki berat badan ideal atau tidak terlalu kurus. Jangan lupa untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangannya. Selama anak memiliki pertumbuhan, perkembangan dan berat badan normal serta tidak ada masalah pada kesehatannya, ia bisa memulai untuk belajar puasa.

Usia Ini Anak Mulai Bisa Berpuasa

Anak Puasa
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Umumnya, anak bisa mulai belajar berpuasa saat usianya mencapai 10 tahun. Tapi ini tergantung pada kemampuan anak. Ada beberapa anak dengan usia bawah 10 tahun tapi sudah kuat puasa. Tidak sedikit anak yang kuat berpuasa di atas usia 10 tahun.

Saat mengajarkan anak berpuasa, sebaiknya ini diajarkan secara bertahap ke anak. Mulailah dengan meminta anak berpuasa seperempat hari, sepertiga hari, setengah hari hingga sehari penuh.

Agar nutrisi anak terpenuhi selama puasa, pastikan untuk memberikan asupan nutrisi dan gizi yang cukup. Perbanyak makanan dengan kandungan karboidrat, vitamin dan protein ke anak. Jangan lupa meminta anak menghidrasi tubuhnya dengan baik saat sahur maupun buka puasa. Yang terpenting lagi, hindarkan anak dari makanan atau minuman yang mengandung kafein serta lemak berlebih.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut Ramadan.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓