Tips Mudik Bareng Anak, Bebas Drama dan Tetap Happy Sepanjang Perjalanan

Ayu Miranti24 Mei 2019, 00:02 WIB
Tips Mudik Bareng Anak, Bebas Drama dan Tetap Happy  Sepanjang Perjalanan

Fimela.com, Jakarta Yuk, mudik! Kalimat yang satu ini dijamin bikin anak langsung bersemangat. Tapi perjalanan tak semulus yang dibayangkan, ada banyak tantangan yang bisa bikin mudik jadi penuh drama. Biar tetap nyaman dan happy bersama anak saat mudik, yuk, lakukan beberapa persiapan berikut ini.

Persiapkan Fisik Anak agar Tetap Fit

Persiapkan Fisik Anak agar Tetap Fit
©shutterstock

Mengajak anak yang sedang dalam kondisi kurang fit dalam perjalanan yang cukup panjang bisa jadi mimpi buruk setiap orangtua. Jaga kesehatan tubuh buah hati jauh-jauh hari dengan menyajikan makanan yang bergizi lengkap, mengajaknya untuk berolahraga, dan memastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Jika perlu berikan suplemen kesehatan untuk mempertahankan daya tahan tubuh, sehingga terhindar dari penyakit saat tiba waktunya untuk mudik.

Bawa Perlengkapan yang Membuat Mudik Semakin Nyaman

Bawa Perlengkapan yang Membuat Mudik Semakin Nyaman
©shutterstock

Jika memutuskan untuk mudik bersama anak, tantangannya ada pada persiapan yang cukup rumit dan melelahkan. Agar tidak ada barang yang tertinggal, siapkan beberapa hari sebelum hari-H keberangkatan. Bukan hanya baju dan obat-obatan saja, tapi juga bawa perlengkapan yang bikin mudik bersama buah hati kian nyaman, seperti bantal leher, selimut, hingga boneka kesukaannya.

 Usir Rasa Bosan dengan Kegiatan Menyenangkan

Usir Rasa Bosan dengan Kegiatan Menyenangkan
©shutterstock

Menempuh perjalanan selama berjam-jam, apalagi jika terjebak kemacetan, membuat anak mudah bosan. Jangan biarkan mood anak jadi buruk, segera usir kebosanan dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Mulai dari menceritakan kisah-kisah lucu untuk anak, membawa perlengkapan mewarnai, hingga melakukan permainan yang dapat dilakukan di dalam kendaraan. Coba lakukan tanya jawab dengan anak untuk mengalihkan perhatiannya atau membawa board games mini yang mudah dan praktis dibawa saat traveling.

Ibu sebaiknya juga menyiapkan minuman bernutrisi seperti DANCOW FortiGro UHT yang praktis dibawa saat mudik dan menjaga asupan nutrisi anak selama di perjalanan. Mengandung Mengandung Protein, Zat Besi, Kalsium, Zink, Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B1, B2, B6 dan B9, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, serta Biotin untuk mendukung aktivitas Si Buah Hati. Terdapat dua varian rasa, stroberi dan cokelat dengan kandungan gula 25% lebih rendah yang pasti disukai anak. 

KV Dancow
©Dancow

Biar perjalanan mudik makin lancar, yuk  cari tahu tips lainnya dalam mendampingi anak jalani puasa dengan nyaman di  Instagram @dancow. (adv/eth)