4 Tips Mengajak Anak Silaturahmi Saat Lebaran Agar Mereka Tak Rewel

Mimi Rohmitriasih01 Jun 2019, 10:15 WIB
Silaturahmi

Fimela.com, Jakarta Marhaban ya Ramadan. Tak terasa sebentar lagi umat muslim sampai pada hari kemenangan dan hari yang sangat ditunggu-tunggu setelah sebulan menjalankan kewajiban ibadah puasa yakni Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Idul Fitri atau Lebaran merupakan hari yang sangat istimewa karena di hari ini umat muslim bisa saling bermaaaf-maafan dan bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat, sahabat juga tetangga.

Bicara mengenai momen silaturahmi, bagi orang dewasa momen ini tentu menjadi momen yang sudah biasa dilakukan. Namun, bagaimana jika untuk anak-anak? Apakah anak sepenuhnya merasa senang jika diajak bersilaturahmi? Apakah anak tak akan rewel dan capek dengan diajak ke berbagai rumah saudara dan tetangga?

Untuk mengajak anak silaturahmi, ada beberapa tips yang penting orangtua ketahui dan terapkan. Berikut tipsnya.

Kenalkan Silaturahmi ke Anak

Tips pertama adalah mengenalkan apa itu silaturahmi ke anak. Ajak anak bicara mengenai seluk beluk dan pentingnya melakukan silaturahmi saat lebaran. Jelaskan juga bahwa momen ini merupakan momen yang sangat bermakna. Ceritakan juga hal menyenangkan seputar momen silaturahmi agar anak merasa antusias melakukan aktivitas tersebut.

Jaga Kondisi Kesehatan Anak

Silaturahmi
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Jaga Kondisi Kesehatan Anak

Pastikan untuk menjaga kondisi kesehatan anak. Jangan sampai orangtua terlalu semangat melakukan silaturahmi ke sana ke mari tapi mengabaikan kesehatan anak. Anak juga bisa merasa sangat capek jadi penting untuk melakukan silaturahmi secara lebih bijak lagi. Terapkan lagi pola makan yang sehat saat Lebaran untuk keluarga apalagi di hari di mana ada banyak sajian makanan serta camilan lezat yang bisa disantap anak kapan saja.

Atur Jadwal Silaturahmi

Atur jadwal silaturahmi sebaik mungkin. Tentukan tempat saudara mana saja yang ada dikunjungi dalam satu hari. Jika tidak memungkinkan bersilaturahmi ke semua saudara dalam satu hari, jadwalkan silaturahmi di hari esok, lusa atau hari berikutnya.

Siapkan Kebutuhan Anak Selama Silaturahmi

Selama silaturahmi dan berkunjung ke tempat sanak saudara, pastikan untuk tetap menyiapkan segala kebutuhan anak dengan baik. Bawakan anak pakaian yang nyaman dan sopan, bawakan makanan segala keperluannya yang mungkin saja tidak ada di rumah saudara atau kakek neneknya. Gunakan pula kendaraan yang aman dan pastinya nyaman.

Nasehati Anak dalam Bersikap Selama Silaturahmi

Menasehati anak dalam bersikap selama silaturahmi juga penting buat dilakukan. Ajarkan anak bagaimana cara bersikap yang baik di tengah keluarga besarnya, di hadapan orang yang baru di kenal dan di rumah orang yang baru buatnya. Minta anak untuk tetap tenang selama silaturahmi. Kalau pun anak mulai rewel karena capek atau lainnya, secepat mungkin Mom perlu menenangkan dan membuatnya kembali nyaman.

Itulah beberapa tips mengajak anak bersilaturahmi saat Lebaran esok ya Sahabat Fimela. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut Hari Kemenangan yakni Hari Raya Idul Fitri.

 

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓