4 Tips Membantu Anak Cepat Tumbuh Tinggi

Endah Wijayanti10 Jun 2019, 11:48 WIB
anak tumbuh tinggi

Fimela.com, Jakarta Melihat tumbuh kembang anak bisa berjalan dengan optimal pastinya akan membuat kita bahagia. Hanya saja kadang kita merasa stres bila perkembangan anak tampak lebih lambat dari anak-anak seusianya. Seperti dalam urusan tinggi badannya.

Pola makan memiliki peran penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Dilansir dari boldsky.com, tubuh anak-anak memproduksi Human Growth Hormone (HGH) dalam kapasitas tertingginya pada usia 3 hingga 11 tahun. Dalam rentang usia anak-anak tersebut, kita bisa melakukan berbagai upaya untuk membantunya cepat tinggi dari makanan yang dikonsumsi dan olahraga. Agar anak bisa cepat tumbuh tinggi, ada beberapa tips dasar yang perlu kita ikuti. Seperti empat tips berikut ini.

1. Beri Makanan Bernutrisi, Hindari Junk Food

Memberi makanan empat sehat lima sempurna pada anak menjadi aturan pertama untuk membantu anak cepat tinggi. Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk membantu anak cepat tinggi, seperti aneka olahan susu yang tinggi protein dan kalsium; telur yang tinggi protein, vitamin B12, vitamin D, dan kalsium; daging ayam khususnya bagian dada ayam; tahu yang kaya protein nabati; buah pisang yang mengnadung kalium, kalsium, dan mangan; buah apel dan pepaya; wortel yang mengandung vitamin A dan kalsium; ikan salmon, tuna, dan cod yang tinggi protein dan vitamin D. Sebisa mungkin hindari konsumsi makanan cepat saji dan makanan instan. Beri makanan bergizi dan bernutrisi agar anak bisa cepat tumbuh tinggi.

2. Konsumsi Protein yang Cukup

Dengan terpenuhinya kebutuhan protein, tubuh bisa cepat tumbuh dan pulih dengan baik. Cukupi kebutuhan protein anak, bisa dari daging ayam, telur, kacang kedelai, dan kacang merah. Selain itu, vitamin B3 yang bisa didapat dari konsumsi ikan tuna, jamur, dan buah alpukat juga perlu dipenuhi untuk memaksimalkan pertumbuhan tubuh anak.

 

 

3. Olahraga Lari

Tips Mudik Bareng Anak, Bebas Drama dan Tetap Happy  Sepanjang Perjalanan
Ilustrasi.

Lari adalah salah satu jenis olahraga yang menyenangkan dan mudah dilakukan orang-orang dari berbagai usia, termasuk anak-anak. Olahraga lari juga bisa membantu pembentukan otot-otot tulang dan meningkatkan stamina pada anak. Tak hanya itu saja, olahraga lari juga bisa bantu melepaskan hormon HGH dalam jumlah banyak dan merangsang pertumbuhan anak untuk cepat tinggi.

4. Tidur yang Cukup

Tidur memiliki peran penting dalam pertumbuhan anak. Bantu anak untuk mendapatkant idur setidaknya 8 jam per hari agar pertumbuhannya bisa optimal dan tubuhnya cepat tinggi. Selain membantu anak memulihkan staminanya, aktivitas tidur bisa membantu pelepasan hormon HGH dengan lebih optimal.

Empat tips di atas adalah hal-hal dasar yang bisa kita maksimalkan untuk membantu anak bisa cepat tumbuh tinggi. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓