3 Alasan Utama Anak Perlu Rutin Minum Susu

Febi Anindya Kirana11 Jun 2019, 16:45 WIB
susu

Fimela.com, Jakarta Susu adalah salah satu minuman paling sehat yang bisa dikonsumsi banyak orang, apalagi anak-anak. Namun ada kalanya beberapa anak tak suka minum susu karena beberapa alasan. Tapi akan lebih baik jika membiasakan anak minum susu sedikit demi sedikit karena susu punya banyak manfaat.

1. Kalsium

Ini adalah kandungan utama yang bisa didapat tubuh dari susu sapi. Sebuah penelitian tahun 2013 yang dimuat dalam jurnal JAMA Pediatrics menemukan bahwa anak-anak yang tinggal di negara-negara dengan konsumsi susu yang rendah memiliki risiko lebih besar mengalami fraktur tulang dibanding mereka yang hidup di negara peminum susu yang banyak. Kalisum dibutuhkan tulang untuk memperkuat kepadatan tulang dan pertumbuhan tulang pada umumnya.

Pentingnya Minum Susu untuk Anak

botol susu
Botol susu bayi wajib bersih dan higienis/copyright: unsplash/rainier ridao

2. Vitamin D

Vitamin D menjadi pelengkap yang dibutuhkan tulang untuk menyerap kalsium. Untungnya, vitamin D bisa didapat bukan hanya dari susu, tapi juga dari sinar matahari dan aktifnya kegiatan fisik yang dilakukan tubuh sehingga tulang lebih baik dalam menyerap kalsium.

3. Protein

Protein hewani dalam susu membantu memenuhi asam amino untuk metabolisme tubuh yang baik, membentuk otot tubuh dan berbagai kebutuhan tubuh.

Meski memang minum susu penting dan dibutuhkan anak, namun untuk anak yang intoleran protein susu, bisa tetap mendapatkan kalsium dari berbagai makanan lain, Moms.

Simak juga video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓