4 Cara Ampuh Mencegah Anak dari Kecanduan Gadget

Mimi Rohmitriasih22 Jun 2019, 10:23 WIB
Gadget Anak

Fimela.com, Jakarta Gadget saat ini telah menjadi salah satu benda yang sangat penting buat setiap orang. Tak hanya diidolakan orang dewasa, gadget juga menjadi salah satu benda yang sangat diidolakan oleh anak-anak.

Tidak sedikit anak dengan usia bawah 3 tahun yang telah mahir bermain gadget baik untuk sekedar menonton youtube atau bermain game dan lainnya. Gadget juga telah menjadi senjata ampuh dari setiap orangtua untuk membuat anaknya lebih tenang dan betah di rumah. Sayangnya, penggunaan gadget yang terlalu sering bisa meningkatkan risiko anak kecanduan gadget.

Melansir dari laman hellosehat.com, ada banyak bahaya yang mengancam anak ketika mereka kecanduan gadget. Penting bagi orangtua untuk membatasi penggunaan gadget ke anak agar ia tercegah dari risiko kecanduan gadget.

Berikut ada beberapa cara ampuh untuk mencegah anak dari kecanduan gadget. Simak baik-baik.

Berikan Contoh yang Baik

Gadget Anak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Berikan Contoh yang Baik

Jika ingin anak tidak kecanduan gadget, berikan contoh yang baik ke anak. Orangtua harus membatasi diri bermain gadget. Jangan pernah berharap anak bisa jauh dari gadget jika orangtua tidak bisa jauh dari gadget. Selalu nasehati anak agar menggunakan gadget secara bijak. Berilah contoh kapan anak boleh bermain gadget dan kapan ia harus menaruh gadgetnya.

Perbanyak Aktivitas Anak di Luar Rumah

Biarkan anak beraktivitas lebih banyak di luar rumah. Anak yang memiliki lebih banyak aktivitas baik di dalam maupun luar rumah akan membuatnya enggan bermain gadget. Ajak anak berkebun, olahraga, jalan-jalan ke taman atau bersepeda dan menikmati indahnya luar rumah.

Bersikaplah Tegas

Gadget Anak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Bersikaplah Tegas

Pastikan untuk bersikap lebih tegas ke anak. Melihat anak menangis dan merengek menginginkan gadgetnya mungkin akan membuat setiap orangtua iba. Tapi sebagai orangtua kita juga harus tega dengannya demi kebaikannya.

Batasi Penggunaan Gadget

Usahakan untuk membatasi penggunaan gadget ke anak. Tetapkan jadwal kapan anak boleh bermain gadget dan kapan anak harus menyimpan gadgetnya. Mintalah gadget dari anak agar ia tidak bisa memainkan gadgetnya kapan pun ia mau.

Itulah beberapa cara ampuh mencegah anak kecanduan gadget. Jika cara-cara di atas belum berhasil membuat anak lebih bijak dalam memainkan gadgetnya, tidak ada salahnya jika Mom mengonsultasikan hal ini ke dokter atau ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓