Memberi MPASI Sebelum Anak Usia 6 Bulan, Kenali Bahayanya

Mimi Rohmitriasih29 Jun 2019, 09:32 WIB
MPASI

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tua pasti akan sangat bahagia ketika buah hati makan dengan lahap. Apalagi jika buahhati menginginkan untuk makan sendiri di usianya yang sedini mungkin. Banyak orang tua yang tergoda segera memberi anak makan atau MPASI (Makanan Pendamping ASI) sebelum anak berusia 6 bulan.

Namun perlu diingat Mom, jangan asal memberi anak MPASI di usia sebelum 6 bulan. Meski anak sudah menunjukkan tanda-tanda ia ingin makan, memberi MPASI ke anak di usia terlalu dini justru sangat berbahaya buat kesehatannya yang nantinya berdampak pada tumbuh kembangnya di masa depan.

Melansir dari laman Liputan6.com, anak yang diberi MPASI sebelum usia 6 bulan dikhawatirkan belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna. Jika sudah begini, tentu ini sangat berbahaya buat kesehatan anak.

Bahaya Memberi MPASI Terlalu Cepat

mpasi mudik
Tips menyiapkan MPASI untuk si kecil./Copyright shutterstock.com

Syarief Darmawan, seorang Ahli Gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menemukan jika memberi MPASI terlalu dini ke anak bisa berisiko meningkatkan inflamasi usus yang akan mengganggu penyerapan nutrisi anak. Risiko ini juga akan meningkatkan risiko terganggunya tumbuh kembang anak.

Para ahli menyebutkan jika adanya gangguan penyerapan nutrisi di tubuh anak bisa memengaruhi tinggi badan anak. Anak dengan gangguan penyerapan nutrisi kemungkinan besar akan lebih pendek dari anak-anak lainnya. Dampak lain dari pemberian MPASI terlalu dini adalah anak mengalami gangguan kecerdasan, motorik, fungsi tubuh lain dan pola makan yang tidak teratur.

Sebaiknya, MPASI diberikan pada anak yang telah mencapai usia 6 bulan. Selalu konsultasikan hal ini ahli kesehatan atau ahli gizi terkait. Semoga informasi ini bermanfaat,

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓