Agar Anak Tak Lagi Susah Makan, Begini Caranya Mom

Mimi Rohmitriasih03 Jul 2019, 11:28 WIB
anak makan

ringkasan

  • Ciptakan Suasana Makan Menyenangkan
  • Izinkan Anak Memilih Makanannya Sendiri
  • Beri Anak Multivitamin Bila Perlu
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Memiliki buah hati atau anak yang susah makan tentu membuat sedih hati semua orang tua. Anak yang susah makan dan tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup kemungkinan besar akan mengalami tumbuh kembang yang tak maksimal. Anak yang susah makan juga bisa berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan.

Sebagai orang tua, kita harus pandai-pandai merayu anak agar ia tak lagi susah makan dan pilih-pilih makanan. Lantas, bagaimana cara yang bisa kita lakukan agar anak tak lagi susah makan?

Melansir dari laman parenting.com, berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membujuk anak agar lebih mudah makan.

Cara Agar Anak Tak Susah Makan

Nutrisi Anak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ciptakan Suasana Makan Menyenangkan

Cara pertama adalah ciptakan suasana menyenangkan saat anak makan. Jangan sampai aktivitas makan dijadikan sebagai ajang pertengkaran, memarahi anak apalagi memaksanya makan karena ia begitu susah makan. Memaksa anak untuk makan justru akan membuatnya trauma dan semakin sulit makan.

Izinkan Anak Memilih Makanannya Sendiri

Beri izin anak untuk memilih makanannya sendiri. Tidak ada salahnya jika mom mengajak anak belanja dan membeli makanan anak bersama anak. Anak yang memilih makanannya sendiri akan merasa lebih senang dan semangat memenuhi kebutuhan nutrisi serta gizinya.

Ganti Menu Setiap Harinya

Memberi anak makanan yang sama setiap harinya tentu akan membuat anak merasa cepat bosan. Gantilah menu makanan anak setiap harinya. Cukupi makanan yang mengandung protein, vitamin, karbohidrat dan nutrisi lainnya.

Cara Agar Anak Tak Susah Makan

Anak Susah Makan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Biarkan Anak Makan Sendiri

Membiarkan anak makan sendiri tak hanya membantunya lebih lahap saat makan. Ini juga melatih kemandiriannya dan meningkatkan kreativitasnya. Anak yang makan sendiri juga belajar bagaimana makan dengan cara yang lebih aman dan menyenangkan buatnya.

Beri Anak Multivitamin Bila Perlu

Memberi anak multivitamin atau penambah nafsu makan anak juga bisa dilakukan selama itu memang benar-benar diperlukan. Memberikan anak multivitamin atau penambah nafsu makan setidaknya akan membantu anak memenuhi kebutuhan nutrisi serta vitamin dalam tubuhnya dengan lebih baik lagi.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak lebih nafsu makan. Satu lagi Mom, jika ingin anak lebih lahap saat makan, pastikan untuk memberikan contoh kebiasaan makan yang baik padanya. Sejauh ini banyak penelitian yang menyebutkan jika apa yang anak lakukan tergantung pada kebiasaan orangtua. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓