3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sunscreen Anak

Beauty Journal16 Jul 2019, 12:45 WIB
Sunscreen anak

ringkasan

  • Jenis sunscreen yang akan digunakan
  • Kandungan SPF
  • Bentuk sunscreen
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Si kecil senang berkegiatan di bawah teriknya matahari? Jangan lupa untuk merawat kesehatan kulitnya dengan cara memakaikan sunscreen, ya! Sunscreen dapat membantu mencegah kulit terbakar dan mengurangi risiko kanker kulit. Namun, kamu sebaiknya tidak sembarangan saat memilih sunscreen anak. Berikut tiga hal yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih sunscreen untuk buah hati.

Baca juga: Apa Perbedaan SPF 25, 30 dan 50? Berikut Pengertian dan Fungsi Ketiganya

Jenis sunscreen

Anak dan orang dewasa dapat menggunakan sunscreen yang sama, selama jenis yang digunakan merupakan mineral atau physical sunscreen. Physical sunscreen dapat melindungi kulit dari matahari tanpa ada produk yang terserap pada kulit, sehingga tergolong lebih aman. Carilah kandungan zinc oxide, titanium dioxide atau gabungan keduanya. Namun, jika si kecil masih berada di usia kurang dari 6 bulan, penggunaan sunscreen tidak disarankan. Lebih baik, jauhkan bayi dari sinar matahari dan kenakan pakaian yang tertutup.

Untuk perlindungan maksimal, biasakan untuk menggunakan sunscreen 15-30 menit sebelum si kecil berkegiatan di luar ruangan. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan produk pada area telinga, tangan, kaku, pundak, belakang leher dan kulit kepala.

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan

Sunblock dan Sunscreen, Apa Bedanya? (Zerbor/Shutterstock)
Sunblock dan Sunscreen, Apa Bedanya? (Zerbor/Shutterstock)

Kandungan SPF

Sunscreen hadir dengan kadar SPF yang beragam, mulai dari SPF 15 hingga SPF 150. Nah, saat memilih sunscreen anak, pilihlah produk dengan tingkat SPF setidaknya 30, tetapi tidak lebih dari SPF 50. Pastikan juga sunscreen tersebut memiliki label "broad-spectrum" yang dapat melindungi kulit dari UVA dan UVB. Terakhir, jangan lupa juga untuk cari formula yang tahan air agar tidak mudah luntur.

Baca juga: Apakah Menggunakan Makeup Berkandungan SPF Saja Sudah Cukup Melindungi Kulit? Ini Kata Pakarnya!

Bentuk sunscreen

Zaman sekarang, suncreen tersedia dalam beragam bentuk dan kemasan. Mulai dari yang bertekstur seperti lotion, oil, atau powder, hingga yang memiliki kemasan tube, stick, atau spray. Untuk pemilihan sunscreen anak, sebaiknya memilih sunscreen yang teksturnya nyaman di kulit agar si kecil tetap nyaman berkegiatan.

Seperti yang kita tahu, sunscreen perlu diaplikasikan secara berulang dalam jangka waktu tertentu agar tetap memberikan perlindungan yang maksimal. Maka itu, kamu bisa memilih sunscreen dalam kemasan spray yang mudah diaplikasikan.

Selain pada kulit wajah dan tubuh, jangan lupa juga untuk melindungi kulit bibir mengunakan lipbalmdengan kandungan SPF 30.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓