4 Cara Agar Anak Mau Membawa Bekal ke Sekolah

Mimi Rohmitriasih18 Jul 2019, 10:05 WIB
bekal sekolah

ringkasan

  • Ajak anak memilih bekal apa yang ingin ia bawa
  • Kenalkan anak dengan makanan sehat
  • Pilih juga wadah bekal yang berkualitas dan disukai anak
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Membawa bekal ke sekolah bisa membuat anak lebih terjaga pola makannya. Membawa bekal dari rumah juga bermanfaat menjauhkan anak-anak dari konsumsi makanan atau jajanan yang tidak sehat di sekolah. Ini bahkan bisa mengajarkan anak untuk hidup lebih sehat sekaligus lebih hemat.

Ada banyak makanan yang bisa dibuat di rumah dan dijadikan bekal lezat serta sehat. Namun sayangnya, meski bekal dari rumah dinilai lebih sehat dan lezat, tidak sedikit anak yang menolak untuk membawan bekal. Sebagian besar anak-anak lebih suka jajan di sekolah.

Agar anak mau membawa bekal ke sekolah, kira-kira bagaimana caranya mom. Apakah kita harus memaksanya?

Cara Agar Anak Mau Membawa Bekal

bekal sekolah
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ajak Anak Memilih Bekalnya

Yang pertama yang harus dilakukan orangtua adalah ajaklah anak memilih bekalnya. Minta anak memilih sendiri bekal apa yang mau ia bawa. Dengan memilih sendiri bekal yang hendak dibawa, anak akan lebih semangat membuka bekalnya di sekolahnya.

Kenalkan Anak dengan Mekanan Sehat

Membiarkan anak memilih bekalnya sendiri memang baik, tapi Mom tetap harus memperhatikan kandungan nutrisi dan vitamin di dalam bekal. Kenalkan anak dengan makanan sehat yang sebaiknya ia bawa ke sekolah. Jangan lupa untuk mengenalkan berbagai sayur, buah dan kacang-kacangan dengan kadungan nutrisi terbaiknya.

Variasikan Menu Makan Anak

Anak-anak merupakan tipe pribadi yang mudah bosan terlebih pada makanan. Mom harus pandai-pandai memvariasikan menu makan atau bekal anak. Isi tempat bekal anak dengan berbagai macam makanan, sayur dan buah yang menggugah seleranya. Ganti menu bekal anak setiap harinya agar ia lebih bahagia.

Tempatkan Bekal di Tempat Berkualitas

Tempat bekal anak di tempat berkualitas atau kotak makan yang berkualitas. Selain berkualitas, usahakan agar tempat bekal anak juga disukai anak. Mom bisa mengajak anak untuk membeli kotak bekal yang berkualitas dan disukai anak. Pilih kotak bekal yang praktis, higienis dan pastinya aman untuk wadah makanan anak.

Itulah beberapa cara agar anak mau membawa bekal ke sekolah. Membiasakan anak membawa bekal akan membuat anak hidup lebih sehat. Yuk mom, ajak buah hati buat membawa bekal ke sekolahnya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓