7 Cara Mengatasi Anak Malas Belajar Tanpa Memarahinya

Febi Anindya Kirana01 Agu 2019, 12:04 WIB
anak belajar

Fimela.com, Jakarta Orangtua pasti bangga jika anak pintar dan punya pengetahuan luas. Ketika sekolah pun, tujuan orangtua pasti agar anak bisa mendapatkan pendidikan terbaik sebagai bekal di masa depan. Tapi bagaimana jika anak justru malas belajar?

Di sini pentingnya peran orangtua dalam memotivasi anak. Tak perlu marah-marah atau memulai drama dulu dengan si kecil, ini cara agar ia mau belajar.

1. Membangun suasana belajar yang santai

Belajar tak harus selalu di meja belajar dan di kamar, bisa juga di ruang tamu, di taman atau di area bermainnya yang nyaman. Bangun kesan bahwa belajar tak selalu harus serius. Ajarkan sesuatu bahkan ketika ia bermain, seperti mengeja dan membaca papan peringatan.

2. Ketahui bidang apa yang paling ia minati

Anak memang tidak harus selalu pandai dalam segala hal. Umumnya anak memiliki ketertarikan tersendiri pada suatu bidang pelajaran, entah itu bahasa, olahraga, atau bahkan matematikan. Fasilitasi anak dengan banyak pelajaran yang ia sukai agar membangun kesna bahwa belajar itu tak menyiksa.

3. Dorong anak untuk mau mengimbangi dengan pelajaran lain

Orangtua bisa dengan perlahan mendorong anak mengenal dan belajar hal lain. Mengatakan mengapa penting mempelajari ini dan itu, ketika anak mengetahui alasan yang tepat mengapa ia harus belajar dan mengapa itu bisa berguna dalam hidupnya, ia akan lebih terbuka menerima pelajaran yang tak dia suka.

Tips Mengatasi Anak Malas Belajar

Hari Anak Nasional: Belajar Jadi Ibu yang Pengertian
Peringati Hari Anak Nasional dengan mencoba belajar jadi ibu yang pengertian melalui pola asuh mindful parenting. (Ilustrasi: Pexels.com/Pixabay)

4. Beri waktu istirahat

Pastikan belajar tidak berlangsung berjam-jam lamanya. Kalaupun ingin menerapkan waktu belajar yang panjang, pastikan memberi watu istrahat dan bermain di sela-sela belajar. Karena anak-anak cenderung memiliki short attention span, ia akan mudah bosan dan hilang minta belajar.

5. Budayakan membacakan di rumah

Jika ingin anak rajin belajar atau membaca, maka beri contoh yang sama, salah staunya dengan membiasakan membaca di rumah, entah itu buku atau koran. Sediakan banyak buku bacaan yang sesuai usianya atau yang ia sukai.

6. Rayakan pretasinya

Pujian dan memberinya hadiah sederhana setelah ia mencapai sesuatu akan memberikan suntikan semangat agar mau lebih sering belajar. Jangan terlalu sering mengkritik atau menunjuk kesalahan atau apa yang tak bisa ia lakukan. Orangtua patut berhati-hati dengan komentarnya.

7. Berhenti membandingkan

Anak memiliki kemamuan uniknya sendiri, terkadang memang ada anak-anak yang sulit belajar dan susah memahami pelajaran, beri waktu dan kenalkan pada banyak cara belajar. Manakah cara belajar yang cocok untuk anak sehingga memudahkannya memahami pelajaran.

Itu dia sekian cara agar bisa mengatasi anak yang malas belajar atau tak mau belajar. Semangat ya Moms.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓