Mom, Ini Waktu yang Tepat Buat Buah Hati Mulai Menyikat Gigi

Mimi Rohmitriasih15 Agu 2019, 13:03 WIB
anak sikat gigi

Fimela.com, Jakarta Kebersihan mulut dan gigi harus dijaga dan dirawat sebaik mungkin sejak anak berusia sedini mungkin. Para ahli mengungkapkan jika gigi dan mulut yang sehat adalah kunci tubuh sehat.

Penting bagi Mom untuk mengenalkan aktivitas sikat gigi ke anak sejak usianya sedini mungkin. Ini agar anak menerapkan kebiasaan baik sikat gigi sejak kecil dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan sejak kecil pula.

Pada usia berapa anak sudah mulai bisa diperkenalkan dengan aktivitas gigi?

Sejak Kapan Perawatan Gigi Dikenalkan ke Anak?

Sikat gigi anak
Ilustrasi/copyroght shutterstock.com

Melansir dari laman whattoexpect.com, berdasarkan rekomendasi dari para ahli, mengenalkan anak ke aktivitas sikap gigi sebaiknya dimulai dari anak mendapati giginya tumbuh pertama kali. Biasanya, gigi anak akan mulai tumbuh saat usianya 6 sampai 10 bulan.

Beberapa ahli menyarankan agar orangtua mengajari anak menyikat giginya sejak empat gigi pertamanya tumbuh. Tapi, beberapa ahli lain menyarankan agar mengajarkan anak menyikat giginya saat anak berusia 2 hingga tahun. Di usia ini gigi anak sudah hampir tumbuh secara keseluruhan.

Saat meminta anak memulai sikat gigi untuk pertama kalinya, usahakan agar memberikan sikat dengan bulu sikat sehalus mungkin. Berikan sikat gigi yang memang untuk anak-anak. Berikan juga pasta gigi yang diperuntukkan anak-anak. Orangtua disarankan mendampingi anak menyikat giginya hingga usianya mencapai 6 hingga 7 tahun.

Mendampingi anak ini bertujuan agar anak selalu rutin sikat gigi dan menerapkan kebiasaan baik hingga ia dewasa kelak. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓